BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Selasa, 05 November 2019

    Hari ini, 165 Cakades Berebut Suara di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 54 desa di Kabupaten Kebumen, hari ini, Selasa (5/11/2019), bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap III tahun 2019. Total ada 165 calon kepala desa (Cakades) yang bakal bersaing berebut suara pemilih.

    Kepala Dispermades PPPA Kabupaten Kebumen, Frans Haydar,  mengatakan seharusnya ada 166 calon yang mengikuti Pilkades hari ini. Namun satu calon, atas nama Mislun cakades Penimbun Kecamatan Karanggayam, meninggal dunia pada Senin (4/11) atau satu hari jelang pencoblosan.

    Meski begitu, tidak sampai mengganggu proses Pilkades. Secara keseluruhan, persiapan dan pelaksanaan tahapan Pilkades hingga kemarin berlangsung lancar. "
    Pilkades serentak kali ini diikuti oleh 54 desa di 21 Kecamatan. Hingga kini panitia dan calon telah melaksakan tugasnya dengan baik,” ujar Frans, kemarin.

    Rinciannya, di Kecamatan Adimulyo ada 5 desa yang menggelar Pilkades, masing-masing Pekuwon (4 calon), Sekartejo (4), Arjomulyo (3), Tepakyang (4) Joho (3). Di Kecamatan Ambal, masing-masing Kradenan, Peneket, (2), Lajer (3),Entak (2), Pucangan (2).

    Lalu di Ayah, meliputi Mangunweni (2) dan Banjararjo (4). Sementara di Kecamatan Bonorowo, di Desa Sirnoboyo (3). Di Kecamatan Buayan meliputi Rogodadi (2), dan Sikayu (4). Di Kecamatan Buluspesantren, Desa Maduretno (4).

    Berikutnya di Kecamatan Gombong, Desa Patemon (5). Sementara di Kecamatan Karanggayam, Glontor (4) dan Penimbun (3). Di Kecamatan Kebumen, Kawedusan (3), Depokrejo (2), Candiwulan (2), dan Mengkowo (2).

    Sementara di Kecamatan Klirong, Jatimalang (3), Tambakprogaten (2), Kedungsari (3), Pandanlor (3). Di Kecamatan Kutowinangun, Pekunden (3), Pesalakan (2), dan Kaliputih (2). Di Kecamatan Kuwarasan, Gumawang (2), Ori (5), Bendungan (5) dan Serut (2).

    Sementara di Kecamatan Petanahan, meliputi Kritig, Nampudadi (3), Kebonsari (3), Tanjungsari (3), Sidomulyo (5), Munggu (3). Di Kecamatan Poncowarno, Blater (2), Karangtengah (3 ) dan Tegalrejo (2).

    Adapun di Kecamatan Sadang, Desa Cangkring (3). Sedangkan di Kecamatan Sempor, meliputi Pekuncen (4), Selokerto (3) dan Tunjungseto (2). Sementara di Kecamatan Sruweng, Desa Jabres (3)dan Pengempon (2).

    Di Kecamatan Karanganyar, terdapat Desa Grenggeng (5)dan Wonorejo (5). Lalu, di Kecamatan Puring Madurejo (2). Di Kecamatan Pejagoan di Desa Pejagoan (5) dan di Kecamatan Alian Desa Kalirancang (2).

    Berdasarkan data Dipermades, ada 165 calon Pilkades yang bertarung pada hari ini. Dari jumlah itu, calon pria masih mendominasi yakni 151. Sementara, untuk calon perempuan sebanyak 14 orang.

    Dilihat dari sisi latar belakang pendidikan, terendah SLTP. Adapun mayoritas SMA/SMK. Selain itu, ada sejumlah calon yang bergelar diploma dan tertinggi S2. Mereka juga berasal dari banyak profesi dari wiraswasta, Ibu rumah tangga, PNS hingga pensiunan. "Dari para calon, yang berstatus petahana 30 orang," ujar Frans.

    Pada bagian lain, Pemkab Kebumen kemarin menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memastikan persiapan Pilkades. Seperti Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang memantau persiapan Pilkades di Kecamatan Kebumen dan Kecamatan Alian.

    Monitoring dimulai dari Desa Kewedusan, Desa Kalirancang, Desa Candiwulan, Desa Depokrejo, dan Desa Mengkowo. Wakil Bupati beserta rombongan mengecek langsung persiapan panitia Pilkades seperti tenda pencoblosan, bilik suara, kotak suara, dan sebagainya.

    Turut hadir mendamipingi Wakil Bupati pada pantauan Pilkades tersebut KasatpolPP Kebumen R Agung Pambudi S IP M SI, Kepala Disdukcapil Kebumen Drs H Maskhemi M Pd, Camat Kebumen Ram Gunadi SH, Camat Alian Sugito Edi Prayitno, Kabag Bagian Tapem Agus Susanto dan sejumlah pejabat dan OPD terakait.

    Wakil Bupati Arif mengatakan dari sejumlah desa yang telah dipantau dinilai sudah siap untuk menggelar Pilkades serentak. Wabup berharap gelaran pilkades pada 5 November 2019 esok akan berjalan dengan lancar dan kondusif.

    "Tensi pilkades sehari menjelang pencoblosan aman dan kondusif, semuanya aman.  Saya berharap masyarakat tetap menjaga kondusifitas dan keamanan. Kami juga menghimbau kepada Calon Kades agar dapat bersaing secara sehat tanpa melakukan money politik agar dapat terpilih Kepala Desa terbaik, ” ujar Wabup saat berada di titik terakhir monitoring di Desa Mengkowo.

    Selain Kecamatan Kebumen dan Kecamatan Alian, Pemkab Kebumen juga menggelar monitoring oleh empat tim lain di Kecamatan Pejagoan, Sruweng, Gombong, Poncowarno, Kutowinangun, Bonorowo, Ambal, Karanganyar, Sempor, Sadang dan Karanggayam.

    Polres Kebumen juga menjadi pihak yang "sibuk" dalam pagelaran Pilkades kali ini. Polres  Senin (4/11), menggelar doa bersama agar pelaksanaan Pilkades yang tinggal menunggu hari dapat berjalan aman dan kondusif.

    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat memimpin jalannya doa mengungkapkan, doa bersama digelar sebagai pelengkap ikhtiar Polres Kebumen dalam melaksanakan pengamanan Pilkades. Melengkapi  upaya pengamanan dengan menerjunkan 320 personel, dan "dibackup" oleh Brimob Kutoarjo, Dalmas Resor Purworejo, Dalmas Resor Cilacap dan Dalmas Resor Banyumas dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

    "Semoga melalui doa ini, Pilkades di Kebumen diberikan keberkahan. Selanjutnya kepada para personel yang melaksanakan pengamanan diberikan perlindungan dan keselamatan," kata AKBP Rudy. (fur/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top