BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Rabu, 13 November 2019

    Gapoktan Kebumen Kembali Mendapat Bantuan Alsintan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Kebumen kembali diberi bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Kali ini setidaknya terdapat enam jenis alsintan yang disalurkan. Bantuan tersebut diglontorkan guna menyambut musim penghujan kali ini. Adapun bantuan bersumber dari APBN Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian.

    Alsintan yang disalurkan kali ini berupa cultivator 8 unit, traktor roda dua sebanyak 31 unit, mesin perontok padi 10 unit. Selain itu mesin perontok jagung 10 unit, pompa air 3,5 inchi 14 unit dan handspryer atau semprot sebanyak 80 unit. Alsintan merupakan bantuan yang dikawal oleh Anggota DPR RI Komisi IV Ir KRT H Darori Wonodipuro MM.

    Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Tri Haryono dalam kesempatan tersebut menyampaikan cultivator diberikan untuk 8 Gapoktan yang terdapat pada empat kecamatan. Adapun untuk mesin perontok padi diberikan untuk 10 Gapoktan yang berada di enam kecamatan. Sedangkan mesin perontok jagung untuk 10 Gapoktan di lima kecamatan. Untuk pompa air diberikan kepada 14 Gapoktan di tujuh  kecamatan dam handspryer diberikan untuk 20 Gapoktan yang berada di 13 kecamatan.  "Traktor roda dua penyaluran menunggu 23 hari. Ini karena kini belum dilakukan perakitan," jelasnya disela-sela penyaluran, Rabu (12/11/2019).

    Dalam kesempatan tersebut Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz menegaskan dalam penyaluran bantuan alsintan tersebut tidak ada pungutan sama sekali. Terkait bantunan tersebut petani diharapkan dapat memanfaatkan dengan baik. Bukan hanya dimanfaatkan alsintan yang telah diberikan hendaknya selalu dirawat. Dengan perawatan yang baik bantuan akan semakin awet dan dapat digunakan secara berkesinambungan. “Gunakan dengan baik, dan jangan lupa untuk selalu dirawat. Sehingga dapat digunakan secara berkesinambungan,” katanya.

    Sementara itu, Tenaga Ahli Ir KRT H Darori Wonodipuro MM, Akhmad Khairuzzaman mengemukakan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Gapoktan penerima. Selain itu, bantuan alsintan dapat mendukung pertanian dan meningkatkan hasil pertanian masyarakat di Kebumen. "Jangan sampai tidak dimanfaatkan atau dijual. Gunakan untuk meningkatkan hasil pertanian," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top