BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Sabtu, 23 November 2019

    150 Peserta Ikuti Seminar Nasional Disparpus

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 150 peserta mengikuti seminar nasional yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen,  Rabu (16/11/2019). Para peserta pun antusias mengikuti seminar dalam rangka  mendorong peningkatan kemampuan literasi pengelolaan perpustakaan 4.0 berstandar nasional tersebut.

    "Lewat seminar ini kami ingin memberikan pandangan bahwa diera informasi saat ini inovasi layanan perpustakaan yanag dihadirkan Disarpus Kebumen dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan menuju perpustakaan Nasional yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan generasi milenial," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen, Anna Ratnawati SKM MSi

    Salah satu narasumber, Pustakawan Ahli Utama Purpusnas RI, Drs Yoyo Yahyono SIP MSi, menjelaskan bahwa saat ini peran perpustakaan sangat penting di dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

    "Dalam peraturan perundangan secara tegas di jelaskan bahwa masyarakat memiliki hak dalam memperoleh layanan dan mendayagunakan perpustakaan, untuk itu masyarakat dapat memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan," katanya.
    Tak hanya itu, Yoyo Yahyono, mengungkapkan bahwa masyarakat di daerah terpencil, terisolasi, atau terbelakang sebagai akibat faktor geografis juga berhak memperoleh layanan perpustakaan secara khusus.

    Selain itu masyarakat juga bagi yang memiliki cacat atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, sosial berhak memperoleh layanan perpustakaan yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing sesuai tercantum pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah, pasal 12 ayat (2) menjelaskan bahwa perpustakaan merupakan urusan pemerintahan wajib yang tidak terkait dengan pelayanan dasar.

    Selain Yoyo Yahyono, dua narasumber juga hadir kemarin. Mereka masing-masing Duta Baca Jawa Tengah, Novanda A SS MHum, dan Pakar IT Software Engineering Dosen IT Telkom Purwokerto, Condro Kartiko Skom MTI.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top