BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Rabu, 02 Oktober 2019

    Suran, Warga Bonorowo Nanggap Wayang

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sama seperti daerah lainnya, warga  Desa/Kecamatan Bonorowo menggelar tradisi memeringati pergantian tahun Muharram. Kali ini, warga memilih nanggap wayang kulit semalam suntuk, Minggu (29/9/2019) malam.

    Dalam kesempatan itu, Ki Dalang Bambang Cahyono membawakan Lakon Satrio Kusumo Bongso. Menariknya, ibu-ibu anggota PKK turut menjadi waranggono. Hadir kemarin,  Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Camat Bonorowo Udy Cahyono,  Anggota DPRD H Munawar Cholil beserta Istri, Camat Bonorowo Udy Cahyono, Kades Bonorowo Sadat Purnomo dan tamu undangan serta sejumlah pensiunan anggota ASN Kebumen.

    Penyerahan wayang dari Camat Bonorowo Udy Cahyono kepada ki Dalang dalang lokal Bonorowo menandai dimulainya pagelaran. Acara semakin meriah saat Wabup Arif berkesempatan nembang (menyanyi) diatas panggung didampingi oleh Camat Bonorowo Udy Cahyono. Tak hanya itu untuk memeriahkan acara wakil bupati juga memberikan kuis kepada Waranggono dan anggota PKK serta penonton.

    Camat Bonorowo Udy Cahyono, mengatakan Merdi desa yang digelar di Desa Bonorowo Kecamatan Bonorowo sudah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan setiap tahun di bulan Suro. Acara itu merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat Desa Bonorowo kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rezeki, keselamatan, serta ketentraman dan keselarasan hidup yang diberikan-Nya.
    "Ini tradisi rutin di Desa Bonorowo, bahkan banyak dalang dari Kecamatan Bonorowo, juga para anggota PKK mereka terlah terlatih menjadi sinden atau waranggono," katanya.
    Sementara, Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, mengaku mengapresiasi warga Bonorowo yang melestarikan kesenian wayang kulit. Arif Sugiyanto berharap di bulan Muharram 1441 Hijiriyah masyakarat kebumen ini ditahun dan yang akan datang bisa lebih baik. "Dengan terselenggaranya acara ini semoga Alloh melimpahkan kesejahteraan, keberkahan, kemakmur, ketentraman dan kesehatan bagi masyarakat Desa Bonorowo," katanya.

    Selama sebulan terakhir, Wakil Bupati Arif memang sangat banyak mendapat undangan dari warga. Selain di Bonorowo, Wabup Arif juga menghadiri acara Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dalam rangka Memetri Bumi di Desa Banjurpasar Kecamatan Buluspesantren dan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Peringatan Tahun Baru 1441 H di Balai Desa Meles Kecamatan Adimulyo pada Sabtu (28/9).
    Wakil Bupati Arif Sugiyanto di depan ribuan warga, Wabup mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk melestarikan budaya serta menjalin silaturahmi antar masyarakat. Wabup juga berpesan kepada segenap yang hadir untuk menjaga suasana guyub rukun dalam kehidupan bermasyarakat hingga tercipta keamanan dan kondusifitas. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top