BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Selasa, 22 Oktober 2019

    Ribuan Emak-emak di Puring Ngontel Bareng

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Wajah-wajah ceria terlihat saat para kaum perempuan warga Kecamatan Puring mengikuti acara Ngontel Bareng yang digelar  UPK BKAD Kecamatan Puring, Sabtu (19/10/2019).

    Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, Forkopimcam Puring, Pimpinan dan staff UPK BKAD Kecamatan Puring, Kepala Desa se kecamatan Puring, serta tokoh masyarakat.

    Ketua Panitia Muhroni Ragil Saputra, menyampaikan acara itu digelar rutin setiap tahunnya sebagai ajang silaturahmi antar nasabah Kelompok Simpan Pinjam Prempuan (SPP) UPK BKAD Kecamatan Puring. "Jumlah peserta ontel Bareng 1288 peserta. Mereka adalah para nasabah," katanya.

    Muhroni Ragil Saputra menambahkan, acara ini juga sebagai upaya agar mereka lebih dekat dengan para nasabah khususnya nasabah perempauan atau emak-emak. Mengingat, para nasabah ini sangat berarti bagi UPK.   Muhroni mengatakan, saldo  UPK BKAD Kecamatan Puring selalu naik. Di tahun 2017, hanya sebesar Rp 13 juta, di tahun 2018 melejit hingga Rp 87 juta. Jumlah itu semakin meroket di tahun 2019 dengan jumlah total Rp 101.456.068.
    "Cara ini rutin setiap tahun, harapannya para kelompok simpan pijam yang anggotanya kaum perempuan ini bisa mengembangkan perekonomian UMKM," katanya yang kemarin didampingi Ketua Badan Pengawas BPKAD Kecamatan Puring, Kasno.

    Salah satu nasabah, Basyati (54) warga RT 1 RW 2 Desa Kutigedong Kecamatan Puring, mengatakan dirinya sangat merasakan manfaat dari Kelompok Simpan Pinjam Prempuan (SPP). Dikatakannya saat meminjam kaum emak-emak itu harus berkelompok. Dalam satu kelompok memiliki anggota yang jumlahnya bervariasi.

    "Ngambilnya sistem kelompok, ada satu kelompok 4-5 orang ada juga yang 10 orang, untuk besarannya bervariasi tergantung kebutuhan permodalan anggota. Nanti juga rinciannya berbeda," katanya diamini Pariyah (42).

    Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada segenap jajaran manajemen UPK BKAD Kecamatan Puring, Pembina UPK Tingkat Kecamatan, Pengurus BKAD dan Dewan Pengawas UPK, atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial dan pameran produk unggulan Kelompok Binaan UPK tersebut. "Sejauh ini UPK Kecamatan Puring telah banyak membantu program pemberdayaan masyarakat," katanya.

    Wabub Arif menambahkan, adanya Kelompok Simpan Pinjam Prempuan (SPP) dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan memutar roda perekonomian di kecamatan puring. Selain itu seluruh UPK di Kabupaten Kebumen dapat menjadi media untuk membangun kesadaran masyarakat.  "Denngan UPK kini bisa untuk saling peduli dan bahu-membahu dalam mengentaskan kemiskinan,” ujar Arif.

    Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Arif Sugiyanto menyerahkan penyaluran bantuan sosial dan santunan kepada anak yatim duafa dan kaum jompo.  Tak hanya itu, para nasabah Kelompok Simpan Pinjam tersebut juga merebutkan kupon undian hadiah. Adapun hadiah utama yakni satu kulkas dua pintu, kompor gas, kipas angin dan ratusan doorprize lainnya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top