BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Senin, 07 Oktober 2019

    PKK Miliki Posisi Strategis Dalam Pembangunan Nasional

    KEBUMEN- Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memiliki peran yang strategis dalam pembangunan nasional. Yakni untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

    Hal itu ditegaskan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kebumen Zuhroh Yazid Mahfudz dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Sekretaris, Sri Herlina pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Peningkatan Kapasitas TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan se Kecamatan Kebumen. Kegiatan diselenggarakan TP PKK Kecamatan Kebumen di Meotel, pada hari Sabtu (5/10/2019).

    "Sebagai mitra pemerintah, PKK di semua tingkatan telah banyak membantu program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan keluarga dengan semangat kerja dan jiwa pengabdian yang tinggi," tulis Zuhroh.

    Untuk mengoptimalkan peran sebagai mitra pemerintah PKK masih dihadapkan pada beberapa hambatan dan kendala, seperti masih minimmya kapasitas sumber daya manusia dan lambatnya kaderisasi.

    "Padahal masih banyak tantangan ke depan seperti angka kemiskinan dan angka kematian ibu (AKI) yang masih cukup tinggi serta tingginya angka kekerasan terhadap perempuan," lanjut Zuhroh.

    Dengan latar belakang kondisi sebagaimana disampaikan dalam sambutan tertulis Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen tersebut, Sri Herlina menilai penting penyelenggaraan Bintek bagi TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

    Camat Kebumen Ram Gunadi dalam sambutannya mengingatkan peran ibu sebagai pendamping bapak. "Keberhasilan bapak-bapak karena adanya dukungan dari ibu-ibu di sampingnya," ungkapnya.

    Bintek TP PKK dibagi dalam dua sesi, umum dan per kelempok kerja (Pokja). Pada sesi umum dihadirkan nara sumber Isriyati (Staf Bagian Humas Pemkab Kebumen) membahas public speaking, Siti Nuryatun Fauziah (Sekretaris Dispermades P3A) mengupas penyusunan anggaran dan Fatah (Staf KUA Kebumen) menyampaikan topik keluarga sakinah.

    Selanjutnya peserta dibagi sesuai pokja masing-masing diberi bintek oleh TP PKK Kabupaten Kebumen. Pokja I yang membidangi Penghayatan dan Pengamalan Pancasila serta Gotong royong dipandu Suci Mulyani. Pokja II membidangi Pendidikan, Ketrampilan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi dipandu Endang Widuri. Paryoto memandu Pokja III yang membidangi Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga. Terakhir Pokja IV yang membidangi Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat dipandu Budining Astuti. Peserta umumnya berharap kegiatan bintek tak hanya dilaksanakan sekali, karena masih banyak yang belum mereka ketahui dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.(*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top