• Berita Terkini

    Jumat, 04 Oktober 2019

    Kembali Digelar, Kode #4 Bakal Diikuti Ribuan Offroader

    asaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ajang motor trail adventure Kebumen One Day Enduro (KODE) #4 bakal kembali. Untuk tahun dijadwalkan bakal berlangsung dari 30 November hingga 1 Desember 2019 mendatang.

    Sebanyak 2.000 offroader dari berbagai kota di Indonesia akan turut ambil bagian dalam even berskala nasional yang diselenggarakan oleh Trail Adventure Community Kebumen (Track) itu.

    Ketua Track Rahmat Hidayat mengatakan,  Kebumen One Day Enduro (KODE)#4 dibagi dua kelas jalur. Pembedaan jaliur tersebut dilakukan sehari sebelumnya dilaksanakan private trip yakni pada tanggal 30. Adapun start dan finish di Lapangan Karanganyar. Trabas melalui jalur ke arah hutan Karanggayam sampai dengan Soma dan hutan Logandu.

    "Saat ini kami masih menyiapkan pembuatan jalur. Untuk jalur, Kebumen bagian utara masih menjadi favorit para offroader. Jika ditotal panjangnya mencapai 120 kilometer, " ujar Rahmat di sela peluncuran (launching) event tersebut yang digelar halaman Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen, Selasa (1/10) kemarin.

    Acara ditandai dengan peluncuruan poster promo KODE #4 dan pemotongan tumpeng oleh Ketua Komunitas Track dan Jack Kebumen, Rahmat Hidayat dan Kepala Disporawisata Azam Fatoni. Hadir kemarin, sejumlah tokoh Track seperti Teuku Erry Rubihamsyah. Juga sesepuh Jip Adventure Community Kebumen (JACK) dan para pecinta motor trail se Kabupaten Kebumen.

    Rahmat menambahkan, even dua tahunan yang kali ini  mengangkat tema ” Geo Adventure” tersebut lebih menantang dibanding sebelumnya. "KODE #4 mendatang jalur lebih bervariasi. Karena jalur digabungkan antara jalur KODE #3 dengan jalur yang dibuat baru sekarang ini. Jalur juga dibuat dua jenis yakni jalur master untuk yang cukup ekstrim dan jalur daster untuk offroader pemula. Tahun ini memang kami membatasi jumlah peserta terutama untuk privat trip, ini lantaran banyaknya event di kota lain," imbuhnya.

    Selain menawarkan jalur yang variatif, panitia juga memberikan daya tarik bagi para peserta dengan berbagai hadiah. Diantaranya Daihatsu Ayla, tiga Kawasaki KLX 150 dan 20 motor matic puluhan hadiah lain. Para peserta bisa mendaftar dengan biaya registrasi Rp 200.000 untuk one day dan Rp 500.000 untuk private trip 2 days.
    “Hadiah ini masih fleksibel, jika pendaftar melebihi target akan kami upgrade hadiahnya,” ungkap Rahmat.

    Tak hanya itu pada evnet KODE #4 kali ini, pihaknya turut mendukung Geopark Karangsambung Karangbolong yang sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Harapannya Geopark Karangsambung Karangbolong naik tingkat menjadi Global Geopark.

    Sementara itu, Kepala Dinas Porawisata Kebumen, Azam Fatoni, mengatakan pihaknya mengapresiasi kepada seluruh panitia yang mulai mempersiapkan event Trabas jelajah pegunungan utara Kebumen yang sudah menjadi salah satu ikon Kebumen di bidang offroad. Event berskala nasional ini akan membawa dampak positif bagi Kebumen termasuk peningkatan ekonomi masyarakat.

    “Event ini sekaligus mempromosikan berbagai potensi yang ada di kawasan Geopark Karangsambung Karangbolong, kami berharap adabya event ini perekonomian masyakarat dapat meningkat terutama pada penyewaan penginapan hingga parac pedagang yang berjualan disekitar jalur,” kata Azam Fatoni.  Sementara itu bagi para ofroader sudah bisa memesan tiket pendaftaran peserta yang dibuka sejak 1 Oktober 2019 kemarin.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top