BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Senin, 28 Oktober 2019

    Jalur Rawan Kecelakaan Jadi Prioritas di Operasi Zebra Candi 2019

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Polres Kebumen menggelar  Giat Operasi Zebra Candi 2019 yang digelar selama 14 hari. Jalur-jalur rawan kecelakaan dan Kawasan Tertib Lalu Lintas menjadi prirotas dalam operasi ini, petugas memfokuskan pada operasi yang digelar sejak Rabu (23/10) hingga Selasa (5/11) tersebut.

    Selain itu, operasi juga menyasar jalur perbatasan kabupaten, seperti jalur perbatasan Kebumen Banyumas dan Kebumen Purworejo.

    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan menyampaikan, operasi ini mengedepankan penindakan hukum. Namum demikian petugas di lapangan diminta tetap bersikap humanis, tanpa kekerasan sebagaimana amanat Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

    "Hindari tindakan arogan yang tidak mencerminkan sikap seorang polisi sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, tidak mencari-cari kesalahan pelanggar, utamakan pelayanan prima anti kekerasan,” kata Kapolres.

    Sesuai tujuannya, operasi ini untuk meningkatkan ketertiban dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, termasuk administrasi kendaraan bermotor, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas melalui upaya penegakan hukum guna meminimalisir jumlah pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Polres Kebumen.

    Sementara itu, Kasat Lantas Kebumen AKP Muh. Rikha Zulkarnain menambahkan, sasaran operasi meliputi delapan poin pelanggaran yang rawan pemicu kecelakaan. 
    Seperti tidak menggunakan helm SNI, melanggar rambu dan marka, melawan arus, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan sabuk pengaman, melanggar batas kecepatan, mengendara dengan mengoperasikan HP, mengendara dalam kondisi mabuk dan penggunaan lampur sirine rotator atau strobo.

    Untuk titik operasi, akan di prioritaskan sepanjang kawasan tertib lalu lintas (KTL) jalur kota, hingga perbatasan kabupaten.  “Untuk kawasan tertib lalu lintas nanti prioritasnya di titik-titik rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran. Tapi nanti operasinya juga sampai ke jalur-jalur perbatasan. Tujuan utamanya untuk meningkatkan ketertiban dalam berlalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Kebumen,” ujar AKP Rikha.(win/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top