BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Kamis, 31 Oktober 2019

    Bupati Kebumen Kunjungi Geopark Kaldera Toba

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Menyongsong pengajuan Geopark Karangsambung-Karangbolong (GKK) menjadi Geopark Global UNESCO (UGG) Pemkab Kebumen melaksanakan kunjungan ke Geopark Kaldera Toba di Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Adapun Geopark Kaldera Toba sendiri telah ditetapkan sebagai UGG.

    Kunjungan tersebut dilaksanakan oleh Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz dengan didampingi istrinya. Turut pula Kepala Dinas Porawisata Azam Fathoni, Kepala Dinas Kominfo Cokro Aminoto, Kepala BAP3DA Ir Pudjirahayu, Kepala Badan Pengelola GKK Djunaedi Faturahman.

    Setiba di Kantor Pemkab Samosir, rombongan Pemkab Kebumen disambut langsung  oleh Bupati Samosir Drs Rapidin Sibolon MM beserta wakilnya Ir Juang Sinaga, Rabu (30/10/2019).

    Bupati Kebumen H Yasid Mahfudz dalam sambutannya menyampaikan kunjungannya dilaksanakan dalam rangka menyongsong GKK menjadi UGG. Hal ini tentunya memerlukan banyak persiapan. Ini agar apa yang menjadi maksud dari GKK Kebumen dapat tercapai dengan baik. “Seperti yang diketahui bersama Geopark Kaldera Toba telah ditetapkan sebagai UGG dan akan diresmikan pada April 2020 mendatang,” tuturnya.

    Bupati Samosir Drs Rapidin Sibolon menjelaskan terdapat beberapa hal penting dalam geopark. Ini meliputi edukasi masyarakat. Dalam hal ini semua dunia pendidikan, meliputi sekolah dan pesantren harus memahami geopark. Selain itu yakni adanya pemberdayaan masyarakat dan budaya yang terjaga dengan baik. “Semua pembangunan dan dinas-dinas harus terfokus pada geopark. Tentunya dengan bidangnya masing-masing,” ungkapnya.

    Dijelaskannya juga Kawasan Kaldera Toba memiliki keindahan alam dan budaya. Kaldera Toba terbentuk dari letusan dahsyat gunung api Toba. Akibat letusan tersebut terbentuklah cekungan tanah yang kemudian terisi air. Kini cekungan tersebut dikenal sebagai Danau Toba. Kedalamannya mencapai sekitar 550 meter dan luasnya 1.130 kilometer persegi. Di UGG lanjutnya terdapat 13 Objek Wisata Unggulan, 13 Objek Wisata Prioritas dan 17 Objek wisata rintisan. Adapun slogan Kabupaten Samosir yakni Negeri Indah Kepingan Surga.

    Disampaikan pula apa yang telah dicapai oleh Geopark Kaldera Toba bukanlah hal yang instan. Geopark Kaldera Toba berulang kali ditolak menjadi UGG. Ini terjadi pada tahun 2012, 2015 dan 2017. Baru pada tahun 2019 ini diterima. Intinya mengelola Geopark itu sangat mudah asalkan semua kompak. Namun akan menjadi sangat sulit jika saling bercerai berai. “Bersatu kita teguh, bercerai kita rutuh,” katanya.

    Sementara itu Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz menyampaikan  terima kasih atas banyak masukannya. Bupati H Yazid juga berharap Pemkab Samosir dapat berkunjung ke Kebumen. (mam

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top