BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Selasa, 29 Oktober 2019

    Amelia Harumkan Kebumen Lewat Karate

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kabupaten Kebumen tak pernah sepi dari atlet berbakat dan berprestasi. Salah satunya, Amelia Safitri, atlet karate putri yang baru saja meraih juara 1 di  Kejurnas Karate Menpora Cup Series 5 Senkaido Championship 2019.

    Remaja yang saat ini duduk di Kelas X SMAN 2 Kebumen itu mengaku senang dapat mengharumkan nama Kebumen di kancah Kejurnas. Menurutnya, hal itu tak lepas dari dukungan banyak pihak. Baik dari sekolah, orang tua hingga tempaan keras pelatihnya, Kherudin.

    Khusus untuk Kherudin, Amelia mengungkapkan memiliki peran besar dalam cabang olahraga yang digelutinya tersebut. Mengingat, Kherudin yang menemukan bakat Amelia saat masih duduk di bangku SMP. "Saya berharap dapat terus berprestasi di masa mendatang," ujar dia, kemarin (28/10/2019).

    Kebumen pantas berharap pada Amelia Safitri. Di usianya yang masih muda, remaja yang akrab disapa Amel itu, sudah berkali-kali menyabet medali dari cabang karate.

    Sebut saja, Popda SMP tahun 2016, lalu Magelang Karate Championship Jateng DIY tahun 2018. Kemudian, kejuaraan Karate Piala bergilir Wali Kota Magelang II serta Kejurnas Karate Menpora CUP Series 5 Senkaido  Championship 2019.

    Disinggung soal mengapa memilih karate, Amelia memiliki jawaban tersendiri. "Karate merupakan cabor olah raga beladiri paling aman, sebab saat bertanding, body contactnya sangat minim," kata remaja yang baru saja merayakan ulang tahun ke 17 pada 2 September kemarin.

    Ditarik ke belakang, prestasi Amelia tak bisa dilepaskan dari keluarganya. Darah atlet mengalir deras di tubuh anak bungsu pasangan suami istri, Edy Suparman SPd-Khomsin Jamingah, warga RT 3 RW 2 Kawedusan Kecamatan Kebumen tersebut.

    Keluarga ini bisa disebut "keluarga atlet". Sang ayah, Edy Suparman, merupakan pelatih atletik sekalgus pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kebumen. Tak terhitung atlet beprestasi yang lahir dari tangan Edy, yang juga guru Pendidikan Jasmani tersebut.

    Lalu, kakak Amelia, Topan Edi dan Bayu Edi merupakan atlet sepak bola. Bayu dan Topan Edy bersauadara merupakan pemain Persak Kebumen. Bayu, saat ini tercatat main di Liga utama Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Sang ayah, Edy Suparman mengaku, Amelia sudah menyukai olahraga dari kecil. Baik  atletik, futsal hingga bola voli. Hanya, saat bangku SMP itulah Amel mengenal karate dan mulai serius menekuni cabang olahraga tersebut.

    Edy mengaku akan terus mendorong anaknya menekuni olahraga. Hanya diakuinya, sejumlah kendala harus dialami para orang tua yang memiliki anak atlet. Meski mereka seringkali bertanding dan membawa nama sekolah hingga daerah, perhatian yang didapat masih belum sesuai harapan.

    "Ya memang kami rasakan masih terlihat kurangnya perhatian dari sekolahnya. Beberapa kali mengikuti kejuaraan dengan biaya mandiri atau orang tuanya,"ujar Edy.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top