BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Kamis, 12 September 2019

    Siswa MTsN 1 Kebumen Gelar Shalat Ghaib untuk Habibie

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kebumen mengelar Sholat Ghaib untuk Presiden ke 3 Indonesia Almarhum Prof Dr BJ Habibie. Selain sholat dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan doa bersama dan tahlil. Doa dan sholat juga dilaksanakan dalam rangka meneladani jasa-jasa Prof Dr  BJ Habibie terhadap madrasah.

    Pelaksanaan Sholat Ghaib bukan hanya sekedar mendoakan semata. Hal ini juga dilaksanakan untuk penanaman karakter yakni menghargai jasa para pendahulu bangsa. Generasi saat ini harus menyadari, berkat jasa para pendahulu bangsa, kini mereka dapat hidup sejahtera.

    Sholat Ghaib dilaksanakan pukul 07.00 hingga 07.30 WIB. Sholat diimami oleh Slamet Riyanto  SAg. Sedangkan untuk imam doa tahlil yakni M Arifin  SAg. Keduanya merupakan guru Fiqh MTsN 1 Kebumen. Tata cara pelaksanaan Sholat Ghaoib sama dengan sholat jenazah. Perbedaanya hanya pada niat saja. Sholat jenazah dilaksanakan dengan ada jenasah. Adapun sholat ghaib dilaksanakan tanpa ada jenazah.

    Kepala Madrasah H Muhamad Siswanto MPd I mengatakan BJ Habibie merupakan salah satu tokoh penggagas dan pendiri MAN Insan Cendekia (MAN IC)  Serpong dan Gorontalo. Sekarang sudah menyebar di berbagai Kota di Indonesia. “MAN Insan Cendekia adalah madrasah di bawah kementerian agama RI yang diselenggarakan dengan sistem Asrama dan dikembangkan berdasarkan kesimbangan antara sains dan teknologi dengan agama. MAN IC jumlahnya di Indonesia sudah 2.132 madrasah,” tuturnya.

    Waka Kurikulum MTs Negeri 1 Kebumen Salim Wazdy menyampaikan dengan konsep keseimbangan sains dan agama itulah diharapkan madrasah dapat menghasilkan out put dan out come yang kompeten dalam bidang sains dan berperilaku mulia. 

    Dalam hal ini keseimbangan antara profesionalitas dan moralitas. Mempunyai kompetensi unggul dan berakhlakul karimah. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh BJ Habiebie yakni yang pernah membuat statemen "Berotak Jerman Berhati Mekah". “Shalat ghaib dan tahlil ini bukti kecintaan warga madrasah dan rasa terima kasih dengan medo'akan beliau,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top