• Berita Terkini

    Sabtu, 21 September 2019

    PKL Kebumen Dibantu 100 Gerobak

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kementerian Perdagangan memberikan bantuan 100 gerobak untuk para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kabupaten Kebumen. Bukan hanya grobak saja, bantuan tersebut juga sudah dilengkapi dengan kompor dan tabung gas.

    Bantuan secara simbolis diserahkan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI Suhanto kepada perwakilaln PKL. Ini dilaksanakan pada acara Sosialisasi Peningkatan Pengggunaan Produk Dalam Negeri di Hotel Mexolie Kebumen, Jumat (20/9/2019) pagi.

    Hadir dalam acara itu Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz, Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Luther Palimbong. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kebumen Widhiatmoko, serta sejumlah pimpinan OPD lainnya.

    Suhanto menyampaikan bantuan tersebut hanya sebagai stimulus. Ini untuk para pelaku UKM di Kabupaten Kebumen. Adanya bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksinya. Selain itu juga meningakatkan para UKM untuk mempunyai daya saing. “Ini sebagai stimulus saja. Kami harap Pemda juga melakukan yang sama melalui APBD," kata Suhanto.

    Dengan bantuan itu, Suhanto juga berharap para PKL di Kebumen bisa lebih baik lagi. Sebab, selama ini PKL masih terkesan kumuh. Untuk itu menjaga kebersihan dan juga penampilan menjadi hal yang sangat penting. Ini untuk menuju persaingan kedepannya. "Dengan bantuan ini akan ditata oleh Pemda, sehingga mereka berjualan dengan baik dan penghasilannya meningkat," ujarnya.

    Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz menyampaikan peningkatan penggunaan produk dalam negeri perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Termasuk kalangan generasi muda. Dalam hal ini pelajar dan mahasiswa.  Hal ini untuk lebih meningkatkan daya saing produk dalam negeri, ditengah semakin kuatnya arus masuk barang-barang import di pasar domestik. "Peningkatan penggunaan produk dalam negeri dapat terlaksana apabila didukung oleh semua pihak, yaitu pemerintah daerah, dunia usaha, serta masyarakat luas," imbuhnya.
    Pada kesempatan itu juga dilakukan bimbingan teknis pengembangan produk untuk para pelaku UKM di Kebumen. Digelar juga sosialisasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri untuk pelajar dan mahasiswa. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top