• Berita Terkini

    Selasa, 17 September 2019

    MTP IPHI Santuni 124 Anak Yatim

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Bulan Muharram menjadi hari raya bagi anak yatim maupun yatim piatu. Dimana pada bulan tersebut banyak pihak memberi santunan kepada anak yatim. Ini pula yang dilaksanakan oleh Majelis Taklim Perempuan Ikatan Perempuan Haji Indonesia (MTP IPHI) Kebumen.

    Dalam kesempatan kali ini MTP IPHI memberikan santunan kepada 124 anak yatim. Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni 110 saja. Santunan dilaksanakan di Gedung Haji Kebumen. Ini juga dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriyah. Selain mendapat santunan dari MTP IPHI anak yatim juga mendapat bingkisan dari Penasehat MTP IPHI Ny Seger Suderajat.

    Santunan oleh MTP IPHI dilaksanakan sebanyak dua kali dalam setahun. yakni untuk anak yatim di Bulam Muharram dan untuk jompo serta dhuafa di Bulan Ramadhan. Jumlah anak yatim setiap tahunnya yang diberi santunan meningkat. Tahun 2017 sebanyak 100 anak. Tahun 2018 sebanyak 110 anak dan tahun 2019 sebanyak 124 anak.

    “Kami berharap kegiatan baik ini dapat rutin dilaksanakan setiap tahun,” tutur Ketua MTP IPHI Kebumen Dra Hj Alfiah Anggriani melalui wakilnya Hj Indrawati Djarot Priyono, Senin (16/9/2019).

    Dijelaskannya, setiap sepekan sekali, anggota MTP IPHI yang selalu melaksanakan pertemuan. Saat itu ada tabungan khusus untuk anak yatim. Setiap anggota bervariasi dalam menabung. Intinya tabungan tidak boleh diambil atau diuangkan kembali. Sebab itu dikhususkan untuk santunan. “Ini progam penting yang juga sebagai tabungan akherat,” jelasnya.

    Alfiah menyampaikan, bukan hanya semata-mata untuk kemanusiaan saja. Menyantuni anak yatim juga bermanfaat untuk si penyantun. Pasalnya banyak hadist yang menyatakan keutamaan menyantuni akan yatim. Beberapa diantaranya menyampaikan orang yang menyantuni anak yatim akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di surga dan dekat dengan Nabi Muhammad SAW.  “Tujuan hidup manusia bukan hanya di dunia saja. Akhirat yang merupakan kehidupan hakiki harus dipersiapkan,” katanya.

    Sementara itu Ketua IPHI Kebumen H Moch Dawamudin menyampaikan banyak hal terkait keutamaan menyantuni anak yatim. Untuk itu sangat penting menyisihkan sebagian rejeki untuk para anak yatim. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top