BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Sabtu, 21 September 2019

    Karya Warga Kebumen Menangi Lomba Krenova BAPPEDA Jawa Tengah

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Electronic Racing Foel Ignition (ERFI) karya Khakim Fisabil, warga Desa Surotrunan RT 2 RW 3 Kecamatan Alian berhasil meraih prestasi yang gemilang. Kali ini ERFI berhasil meraih Pemenang Utama dan Pemenang Favorit. Ini pada lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) yang dilaksanakan oleh BAPPEDA Jawa Tengah.

    Menjadi Pemenang Utama dan juga Pemenang Favorit tingkat Jawa Tengah tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi penemunya. Terlebih saat lomba krenova yang dilaksanakan tingkat Kabupaten Kebumen ERFI hanya mendapatkan juara 3.

    Pemberian penghargaan dibarengkan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 24 dan Pameran Produk Inovasi (PPI) 2019. Ini dilaksanakan di Halaman Pendopo Bupati Wonosono, Jumat (20/9). Penghargaan dilaksanakan untuk 10 pemenang utama. 10 pemenang harapan dan 10 pemenang favorit.

    Penemu ERFI Khakim Fisabil menyampaikan rasa syukur pihaknya dapat turut serta mengharumkan Nama Kebumen di kancah Provinsi Jawa Tengah. Dukungan dan perhatian dari pemerintah tentunya sangat diharapkan. Ini agar para kreator terus dapat berkreasi. “Dukungan dari pemerintah tentunya sangat penting. Sekecil apapun potensi manakala mendapat dukungan tidak menutup kemungkinan dapat menjadi besar,” ungkapnya.

    Khakim Fisabil juga menyampaikan kalau sesuai arahan dari Direktur Penguatan Inovasi Kemenristekdikti karya inovasi yang ada harus didukung oleh pemda setempat. “Dukungan awal bisa pada proses marketing. Ini dapat menjadi bukti dukungan dan apresiasi dari Pemda. Sebagai contoh semua mobil dinas plat merah memakai ERFI. Sedagkan motor plat merah Power start. Selain itu setiap meja tamu Dinas harus ada makanan hasil inovasi warga Kebumen,” tuturnya.

    Sekedar mengingatkan, di dunia Industri otomotif akhir-akhir ini bermunculan mobil-mobil canggih. Mobil dengan teknologi canggih itu bekerjanya sangat tergantung dari Aki (accu). Dalam hal ini Aki adalah salah satu komponen vital bagi sebuah kendaraan. Selain berfungsi untuk menghidupkan mesin pada saat awal start, aki juga berfungsi unuk menyuplai tegangan listrik ke semua komponen pada sistem sebuah kendaraan.

    Ini terutama pada kendaraan yang sudah menggunakan sistem injeksi. Pada sistem pengendalian bahan bakarnya, pasti membutuhkan suplai arus listrik yang terus-menerus dan stabil agar performa kendaraan tersebut tetap bisa berjalan dengan optimal.

    Mobil bekerjanya sangat tergantung pada aki. Aki untuk mensuplay hampir semua sistem yang ada pada kendaraan, antara lain, Motor Starter, ECU/PSM/ECM, Injector, Foel Pump, Electric Lamp, Mirror dan sebagainya. Ini membuat pemakaian aki semakin maksimal, yang tentu saja dapat mengakibatkan aki menjadi cepat rusak atau soak. Aki (accu) hanya akan mampu bertahan (normal) antara 1,2 – 1,5 tahun. Kondisi ini tentu akan menjadi permaslahan sendiri bagi pengguna kendaraan roda empat.

    Salah satu solusinya yakni dengan memasang ERFI. Alat kecil ini memiliki empat fungsi utama yakni Long Life Accumulator, Voltage Stabilizer, Stabilizer Performance Engine dan Reduce Noise Voltage. Fungsinya ERFI untuk mempertahankan Umur Aki, menstabilkan tegangan kerja, menstabilkan performa mesin dan meredam Noise Tegangan (voltage resonansi) yang diakibatkan oleh putaran mesin.

    ERFI juga dilengkapi dengan lampu indikator. Itu untuk mengetahui Kondisi tegangan aki yang Normal maupun Tidak Normal. Ini melalui dua indikator led Hijau dan Merah.

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top