• Berita Terkini

    Rabu, 18 September 2019

    Hadiri Wayangan, Wabup Arif Gelar Kuis di Kalisana

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan warga Desa Kalisana, Kecamatan Karangsambung, tumpah ruah di halaman kantor desa setempat,  Senin (16/9/2019) malam. Kedatangan mereka tak lain untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang digelar dalam rangka Merdi Bumi Desa setempat.

    Dalang Ki Siswadi Mudo Carito menjadi salah satu pusat perhatian malam itu, saat membabar lakon "Gatotkaca Kembar Lima" . Warga pun terpukau dengan penampilan sang dalang. Termasuk para undangan yang hadir malam itu, termasuk Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang hadir.

    Kedatangan Wabup Arif, disambut warga dengan antusias.

    Di Kalisana, Wabup Arif berbaur dengan warga setempat. Bahkan, ia sempat  memberikan kuis dengan tema wawasan kebangsaan dan wisata di Kebumen. Ajakan ini disambut antusias. Gelak tawa pun terdengar saat seorang warga salah memberikan jawaban.

    Turut hadir dalam kesempatan tersebut Forkopimcam Kecamatan Karangsambung, Kepala Desa se Kecamatan Karangsambung, tokoh agama hingga tokoh masyarakat setempat. Sebelum pagelaran wayang kulit semalam suntuk, Wabup Arif didaulat menyerahkan tokoh wayang Ksatria Gatotkaca secara simbolis kepada Ki Dalang Siswadi Mudo Carito.

    Wakil Bupati Arif Sugiyanto, mengaku sangat mengapresiasi antusiasme warga Desa Kalisana yang menggelar acara merdi desa. Tradisi dan budaya ini, kata WabupArif, merupakan ungkapan rasa syukur, sekaligus permohonan keselamatan, kemakmuran dan  keberkahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

    Arif mengatakan, kegiatan tersebut juga bagian dari upaya menjaga keseimbangan hubungan antara manusia dengan alam dan budaya.  "Saya merasa senang, kegiatan ini menambah kekompakan masyarakat Desa Kalisana. Semoga keguyub-rukunan, kegotong-royongan dan kebersamaan ini terus lestari. Sehingga pembangunan berjalan lancar. Desa semakin maju. Masyarakat semakin sejahtera," kata orang nomor dua di Bumi Beriman tersebut.
    Kepala Desa Kalisana, Suyanto, mengatakan acara merdi bumi merupakan kegiatan rutin di Desa Kalisana yang digelar setiap bulan muharram atau bulan syura. "Ini rutin, masyarakat antusias nonton wayang, dan ini juga bagian dari melestarikan kesenian," katanya. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top