• Berita Terkini

    Selasa, 17 September 2019

    DPC PKB Kebumen Gelar Peningkatan Kapasitas Fraksi

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dewan Pimpinan Cabang PKB Kebumen menggelar Peningkatan Kapasitas Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa. Ini diikuti oleh sembilan Anggota DPRD Kebumen dari PKB. Peningkatan kapasitas dilaksanakan selama dua hari di Kantor DPC PKB, Minggu-Senin (15-16/9/2019).

    Peningkatan kapasitas diikuti baik oleh anggota DPRD dari Fraksi PKB. Pemateri mendatangkan dari Anggota DPRD senior Miftahul Ulum. Selain itu juga mendatangkan dari Formasi. Selain itu terdapat pula pemateri lainnya dari akademisi. Ketua DPC PKB Kebumen Zaini Miftah juga turut menjadi pemateri.

    Peningkatan kapasitas bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Fraksi PKB dalam menjalan tugas dan fungsinya. Selian itu juga untuk membangun tim work dalam pelaksanan tugas dan fungsi. Juga untuk membangun kordinasi dan komitmen antar anggota Fraksi PKB

    Ketua DPC PKB Kebumen Zaini Miftah menyampaikan, mendasar pada Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah menjelaskan DPRD Kabupaten berkedudukan sebagai penyelenggara Pemerintah Daerah.

    “Ini dengan fungsi Pembuatan Peraturan daerah (Legislasi), anggaran (Budgeting) dan fungsi pengawasan (Controlling),” tuturnya.

    Keberhasilan DPRD dalam menjalankan peran dan fungsinya, tidak hanya ditentukan oleh kewenangan formal yang dimiliki oleh kelembagaan DPRD, melainkan jauh lebih penting adalah kapa¬sitas dan kompetensi dari masing-masing individu para anggota Fraksi.

    “Sehingga mampu menjalankan tugas fungsi serta mensinergikan kebijakan PKB serta mengawal aspirasi masyarakat,” jelasnya.

    Zaini menjelaskan, dalam proses pembangunan di daerah, Peraturan Daerah menjadi acuan dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan. Keberhasilan penetapan Peraturan Daerah juga menjadi salah satu indikator kinerja DPRD.

    “Tantangan yang muncul adalah seperti apa implementasi Peraturan Daerah tersebut. Apakah memang menjadi kebutuhan masyarakat atau justru membebani masyarakat,” ungkapnya.


    Menurut  Zaini, keberhasilan suatu daerah bukan hanya ditentukan dengan keberhasilan dalam menggunakan anggaran saja. Melainkan juga ditentukan dengan indikator-indikator kinerja yang harus dicapai. Ini baik tahunan, jangka menengah maupun jangka panjang.


    “Kontrol dari DPRD juga sangat diperlukan, sehingga tujuan pembangunan sebagaimana tertuang dalam dokumen perencanaan baik RPJMD maupun RPJPD bisa tercapai. Hasil kontrol dari DPRD semestinya harus dijadikan acuan oleh eksekutif untuk menentukan kebijakan di tahun-tahun berikutnya,” tegasnya.

    Dalam pelatihan peserta mendapatkan materi meliputi, Politik Anggaran Pemerintah Daerah, Analisa KUA dan PPAS, Format dan struktur APBD, Praktik analisis Pendapatan Daerah, Praktik Analisis Belanja Daerah dan lainnya. Adapun untuk struktur fraksi PKB yakni Ketua HM Nur Hariyadi SE, Wakil Ketua Sumarno SH MM dan Sekretaris Saiful Anwar. Selain ketiga nama tersebut menjadi anggota. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top