• Berita Terkini

    Senin, 16 September 2019

    Bantuan Air Bersih Diserbu Warga Sempor

    KEBUMEN (kebumenekepsres.com)- Peduli dengan kekeringan yang melanda Kebumen Happiness Karaoke dan Pemuda Pancasila bantu air bersih. Ini untuk warga Desa Bejiruyung dan Tunjungseto Kecamatan Sempor. Bantuan tersebut disambut dengan suka cita oleh warga, Minggu (15/9/2019).

    Dua truk berisi masing 4.500 liter air langsung diserbu oleh warga. Mereka telah rela antri sejak pagi untuk menunggu kedatangan truk yang membawa air bersih tersebut. Tak heran jika mereka langsung menyambut dengan suka cita adanya bantuan tersebut.

    Salah satu warga Dukuh Karangjambu RT 01 RW 05 Desa Tunjungseto Tini (40) menympaikan bantuan air bersih bisa mengurangi beban warga untuk mendapatkan air bersih. Bagaimana tidak, sudah hampir 4 bulan ini warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

    Menurut Tini, sejak kemarau panjang dirinya bersama warga desa lainnya harus berjalan ke sungai. Untuk mendapat air bersih setidaknya menempuh jarak kurang lebih 1 kilometer. 

    Sudah demikian air sungai pun kini mulai keruh dan mengering. Satu-satunya sumber air yang masih tersisa, berasal dari sumber mata air dipegunungan yang letaknya juga cukup jauh dari tempat tinggal warga.

    Kegiatan sosial droping air bersih untuk warga sudah yang kali kedua dilaksananakan oleh Karaoke Happiness. Ini merupakan upaya untuk membantu warga dipedesaan yang mulai kesulitan mendapatkan air bersih akibat kemarau. Kekeringan yang terjadi di desa tersebut begitu memprihatinkan. Ini lantara sumur warga sudah mulai mengering dan bahkan ada warga yang sudah memanfaatkan air sungai yang keruh.

    Bantuan air bersih dari pemerintah belum sampai ke desa mereka, padahal kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari sudah semakin sulit mereka rasakan. “Kondisi kekeringan disini sudah memperihatinkan. Mereka kesulitan mendapatkan air bersih untuk masak dan minum,” ujar Hari Usman Manager Happiness Karaoke.

    Kondisi demikian, menurut Hari panggilan akrabnya, semakin menyulitkan warga. Ini lantaran anggaran hidup mereka semakin menipis karena sudah tidak bisa bekerja lagi. Solusi untuk meringankan beban mereka dengan memberikan bantuan air bersih meski itu hanya untuk kebutuhan beberapa hari saja.

    “Masing-masing kita droping air bersih sebanyak 2 tangki. Satu tangkinya berkapasitas 4.500 liter air. Air dibagikan ke semua warga yang membutuhkan tapi itu hanya untuk kebutuhan dua hari. Harusnya setiap 2 hari sekali warga mendapatkan droping air bersih,” lanjut Hari usai memberikan bantuan air bersih.

    Di Dukuh Karangjambu, ada sekitar 90 Kepala Keluarga (KK) yang membutuhkan. Warga sudah mendapatkannya dengan memenuhi bak serta ember yang dibawa saat droping. Sedangkan di Desa Bejiruyung air bersih dibagikan untuk dua RT.

    Sementara itu Owner dan Pemilik Happiness John Ong menyampaikan Dropping air bersih ini akan terus dilakukan beberapa hari kedepan. Tentunya untuk membantu kebutuhan warga akan air bersih. "Sesuai permintaan masyarakat, dan selama bantuan air bersih dari pemkab belum sampai kedesa mereka, bantuan air bersih akan kita lakukan lagi. Jumlah air yang kami kirimkan nantinya pun sama seperti pengiriman pertama ini," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top