BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Rabu, 28 Agustus 2019

    Usung Tema Geopark, Kebumen Meriahkan Pesta Rakyat Jateng

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kabupaten Kebumen menjadi bagian dalam kemeriahan Pesta Rakyat Jateng 2019 di Wonogiri yang berlangsung Sabtu akhir pekan kemarin (24/8). Dalam kesempatan itu, Kebumen mengikuti Parade Dekranasda karnival yang diikuti 24 Kabupaten  Kota se-Jawa Tengah.

    Dengan mengusung Tema "Kearifan Lokal  Jawa Tengah", para peserta berlomba menampilkan potensi wilayah masing-masing melalui berbagai kostum unik yang dikenakan. Termasuk, Kabupaten Kebumen yang mengusung Tema "Babad Alas Bandungan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong".

    Kisah ini menceritakan tentang babad alas yang di lakukan oleh masyarakat Desa Karangjoho, saat membuka lahan di hutan atau alas bandungan  Karanggayam, yang merupakan kawasan Geopark Nasional Kebumen.

    Sesuai dengan tema, Kabupaten Kebumen tampil dengan berbagai jenis  kostum yang masih sangat kental dengan kearifan lokalnya. Seperti kostum The Simply Beauty Of Tembelang dan The Hidden Paraside Of Karangbolong. Kostum ini menjadi gambaran kekayaan dan kesuburan alam Kebumen. Mulai dari pantai, laut dan pesisir. Juga, produk alam seperti bambu Tembelang, Jenitri, Anyaman Pandan, serta Batik Kebumen yang menjadi lahan mata pencaharian masyarakat.

    Selanjutnya kostum Abid Sura dan  Ebleg Barong. Kostum ini  menggambarkan saat masyarakat melakukan babad alas  menemui banyak rintangan dari gangguan makhluk halus penghuni hutan.

    Konon Alas Bandungan dulu dijaga oleh segerombolan cepet alas yang kemduian di gambarkan dengan kostum The Power Mystical Of Cepet Alas. Kostum ini  sebagai simbol keseimbangan antara Manusia dan Alam. Diilhami dari kisah tersebut, kini munculan tari Cepetan sebagai salah satu Geo Culture yang terdapat dalam Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong.

    Penampilan mereka menyedot perhatian ribuan masyarakat, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang didampingi sang istri Siti Atiko.
    Ketua Dekranasda Kebumen, Nyonya Zuhro Yazid Mahfud, mengapresiasi peserta karnival, khususnya dari Kebumen. Ia menyampaikan Kabupaten Kebumen kini tengah dan terus berusaha mengangkat potensi potensi yang ada. Salah satunya yaitu  Wisata Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong.

    Zuhro berharap, kegiatan karnival kemarin juga  bisa menjadi motivasi para desainer untuk lebih meningkatkan kreativitasnya, dalam memndukung kemajuan Kabupaten Kebumen.

    Sementara itu, pada  kesempatan ini, Dekranasda Kabupaten Klaten terpilih sebagai Juara I. Batang juara II, Wonosobo Juara III. Sementara Untuk Juara Harapan I diraih oleh Wonogiri, juara harapan II Kota Surakarta, dan Juara Harapan III Kabupaten Rembang. Adapun kriteria penilaian meliputi penampilan, kreativitas, dan penyesuian tema. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top