BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Sabtu, 10 Agustus 2019

    Ratusan Peserta Ikuti Jalan Sehat Bareng Bupati-Wabup Kebumen

    Foto Adzein : Humas Pemkab Kebumen
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan peserta, Jumat (9/8/2019) antusias mengikuti jalan sehat dalam rangka peringatan hari kemerdekaan RI ke-74 sekaligus peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke-390 yang digelar Pemkab Kebumen. Kegiatan dipusatkan di alun-alun itupun berlangsung semarak.

    Hadir kemarin, Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz bersama  Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Juga jajaran Forkopimda dari Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Kepala Dinas Kesehatan Y Rini Kristiani, serta pimpinan OPD lainnya.

    Peserta menyusuri Jalan Pahlawan hingga Tugu Lawet ke arah Jalan Kusuma. Selanjutnya, lurus ke arah Jalan HM Sarbini ke barat hingga simpang PLN lama dan kembali ke Alun-alun Kebumen.

    Pada kesempatan itu, panitia menyediakan sejumlah doorprize yang diberikan kepada peserta yang beruntung. Diantaranya, sepeda, televisi, dispenser dan hadiah menarik lainnya. Tak hanya jalan sehat, peserta dan masyarakat mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis yang melibatkan  tenaga medis dari UPTD Puskesmas se Kabupaten Kebumen dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen. Ini juga sebagai Gerakan Masyarakat Standar Hidup Sehat (Germas).

    Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz yang didaulat melepas peserta, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat Kebumen untuk membudayakan hidup sehat berolahraga. Olahraga juga tak harus mahal seperti misalnya jalan kaki. Berdasarkan hasil penelitian, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa mengurangi kemungkinan terserang penyakit diabetes hingga 58 persen. "Dengan berjalan kaki dilakukan secara rutin  juga bisa mengurangi risiko terserang penyakit," ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Y Rini Kristiani melalui Kabid Kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, Kusbiantoro menjelaskan, kegiatan ini digelar sebagai upaya menyukseskan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) pada masyarakat Kebumen.

    "Ada 3 kegiatan yang menjadi fokus yakni melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur dan memeriksakan kesehatan secara rutin. Pemeriksaan  kesehatan tersebut meliputi periksa tensi darah, asam urat, gula darah, dan kolestrol. Hal ini penting agar kesehatan tubuh terus dipantau dari waktu ke waktu sehingga masyarakat dapat hidup sehat," katanya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top