BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Kamis, 08 Agustus 2019

    Pohon Kenari Hijaukan Sawangan

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Anggota DPR RI Ir KRT H Darori Wonodipuro menanam Pohon Kenari di Desa Sawangan Kecamatan Alian. Penanaman dilaksanakan pada program penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

    Dalam kesempatan ini penanaman pohon menjadi salah satu dari Program Kuliah Kerja Nyata KKN. Para mahasiswa melaksanakan KKN mulai dari 9 Juli hingga 9 Agustus 2019 mendatang.

    Adapun bibit pohon kenari berasal dari Ahmad Basuki atau yang akrab disapa Ahmad Drajat. Pihaknya merupakan salah satu orang yang mempunyai kepedulian yang tinggi tentang lingkungan hidup. Pria (55) warga RT 9 RW 19 Prumpung Kelurahan Bumirejo Kebumen ini telah dua tahun mengembangkan pohon kenari.

    Kisah terkait dengan kepedulian Ahmad Drajat sebelumnya telah diberitakan. Pihaknya bahkan melakukan pencarian bibit dengan memungut di pinggir jalan. Ini lantaran beberapa biji kenari kerap berjatuhan di sebelah Timur SMP Negeri 5 dan 3 Kebumen. Selian itu biji kenari juga didapat dari pohon yang berada di dekat Rumah Dinas Wakil Bupati Kebumen. “Biji kemudian direndam dan ditaman dalam plastik,” ungkapnya.

    Dalam kesempatan tersebut Ir KRT H Darori Wonodipuro menyampaikan yang dilakukan oleh Ahmad Drajat patut diapresiasi. Ini lantaran pihaknya melakukan perjuangan secara swadaya.

    Dirinya pun menyayangkan lantaran kepedulian terhadap lingkungan yang dimiliki Ahmad tidak direspon secara positif oleh Pemkab Kebumen. Semestinya dinas merespon terlebih pohon kenari merupakan jenis yang baik. "Usia pohon kenari mencapai ratusan tahun. Tanaman ini juga sudah ada di masa Belanda. Ini baik ditanam di tepi jalan," katanya.

    Terkait upaya Ahmad Basuki, Ir KRT H Darori mengaku siap membantu. Ini salah satunya dengan mencarikan pompa air. Baginya, inisiatif seperti yang dilakukan Ahmad patut dicontoh oleh semua orang khususnya di Kebumen. Dirinya pun mengapresiasi kepedulian mahasiswa terhadap kelestarian lingkungan. "Kegiatan KKN seharusnya mampu meninggalkan kesan positif. Karena Kebumen kering perlu digalakkan penanaman," imbuhnya.

    Sementara itu, salah satu mahasiswa KKN UMP Anggi Subarkah menyampaikan penanaman pohon dilaksanakan untuk penghijauan. Selian itu juga untuk mengamankan mata air dan menjaga tanah agar tidak longsor. “Pemilihan tanaman kenari juga untuk pelestarian tanaman tersebut,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top