• Berita Terkini

    Sabtu, 10 Agustus 2019

    Pengenalan Seni Lokal Purworejo Digencarkan

    PURWOREJO- Rutinnya Purworejo mengusung kesenian lokal ke luar wilayah menjadi salah satu jurus mengenalkan Kota Berirama itu ke pentas yang lebih luas. Ini dimaksudkan untuk mendukung suksesnya gelaran Romansa Purworejo 2020 atau tahun kunjungan wisata di Purworejo di tahun 2020.

    Belum lama ini, kesenian dan sajian makanan tradisional Purworejo dimunculkan dalam tampilan rutin di anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ajang ini sukses memuaskan pengunjung yang datang ke lokasi.

    Kesuksesan itu menyusul hal yang sama yang dilakukan pekan sebelumnya saat digelar Purworejo Fair dalam kegiatan car free day di jalan depan Kantor Kementrian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).


    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo Agung Wibowo mengungkapkan kegiatan di TMII memang kembali menjadi gilirannya Purworejo. Sajian rutin ini lebih terasa menjadi sajian khusus yang biasanya digelar dalam dua hari satu malam.





    "Dalam acara di TMII kemarin, kita memang mengusung banyak kru. Tidak saja dari Dinarbud saja, tapi kita melibatkan OPD yang lain. Katakan dari Dindukcapil yang memberikan layanan administradi kependudukan, nyatanya juga banyak warga kita yang tinggal di Jakarta untuk memanfaatkan," kata Agung, kemarin.

    Melihat antusiasme pengunjung, tidak saja warga asli Purworejo, Agung mengaku jika pihaknya tergerak untuk menggelar bertemakan Purworejo di luar kota. Itu akan dianggarkan khusus dalam APBD murni 2020.



    "Ada kegiatan yang dibiyai dari APBD sampai saat ini. Yakni kegiatan rutin di TMII dan Peringatan Hari Jadi Jawa Tengah di Semarang," katanya.



    Di tahun 2020, setidaknya akan ditambah menjadi empat kegiatan. Selain kedua kegiatan di atas, akan ditambah dengan Street Art yang rencananya akan digelar di Jogjakarta dan Bandung.

    "Kenapa kita memilih Bandung dan Jogjakarta. Karena kedua kota ini banyak turis mancanegaranya," tambah Agung.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top