• Berita Terkini

    Kamis, 29 Agustus 2019

    Kementerian Dukung Kawasan Geopark Kebumen Mendunia

    KEBUMEN (kebumenekspres,.com)- Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata mendukung upaya Pemkab Kebumen mengembangkan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong. Dukungan itu diberikan  Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi, Don Kardono, pada acara Focus Group Discussion Sosialisasi dan Optimalisasi Geopark Karangsambung-Karangbolong di BIKK LIPI Karangsambung, Rabu (28/8/2019).

    "Dengan menjadi UGG, brandingnya akan lebih mudah. Karena kalau sudah distempel oleh Unesco, kelasnya menjadi kelas dunia. Maka kita promosinya ke level dunia. Sehingga yang datang itu wisatawan mancanegara," ujar Don Kardono.

    Don Kardono mengatakan, untuk menjadi UGG, Karangsambung-Karangbolong harus memenuhi 3A. Yaitu yang pertama akses yang memadai. Kemudian, kedua amenitas, yaitu fasilitas yang memberikan pelayanan bagi wisatawan untuk segala kebutuhan selama tinggal atau berkunjung, seperti hotel maupun homestay. Yang ketiga, atraksi, yaitu berbagai potensi yang dimiliki oleh Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong.

    "Kita butuh satu saja yang kuat, yang mendunia. Geopark akan menjadi lokomotif untuk mengangkat destinasi-destinasi lain," kata dia.

    Menurutnya, keberadaan Geopark Karangsambung-Karangbolong sebenarnya sudah mulai dikenal publik. Namun, masih harus dipublikasikan secara massif. Selain itu, pengelolaannya juga harus baik.  "Kebumen menarik selain ada geopark, tetapi juga dekat dengan bandara internasional Yogyakarta (YIA) yang aksesnya cukup mudah," ucapnya.

    Pihaknya sangat mendukung kawasan geopark di Kebumen menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata. "Ini tempatnya kan masih di Joglosemar di Jawa Tengah yang merupakan satu dari destinasi prioritas yang dikembangkan," katanya. 

    Nantinya, Kementerian Pariwisata akan membantu publikasi di semua chanel yang dimiliki. Baik media konvensional maupun media digital.  "Semakin ini cepat digarap, semakin cepat juga kita ikut mempublikasikan. Begitu dipubilkasikan, dipromosikan dengan baik, kita berharap pariwisata bisa menjadi lokomotif disini. Setelah itu tidak terbendung lagi," imbuhnya.

    Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, mengatakan pihaknya sangat serius mengembangkan Geopark Karangsambung-Karangbolong. Pemkab Kebumen telah melakukan MoU dengan Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) Jakarta untuk membuat master plan.  "Geopark ini sangat strategis, dengan dekatnya bandara yang cuma 45 menit. Ini peluang sekaligus tantangan," kata Yazid Mahfudz.

    Pemkab Kebumen telah membentuk badan khusus yang menangani geopark. Yaitu Badan Pengelola Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong. Selain itu, Pemkab Kebumen juga telah melaksanakan musrenbang khusus untuk membahas rencana pengembangan geopark.  "Kami juga bersinergi dengan pemerintah desa yang ada di wilayah geopark nasional. Agar memasukkan program pengembangan geopark dalam RPJMDesnya," tegasnya.(mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top