BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Jumat, 16 Agustus 2019

    Kebumen Jadi Tuan Rumah KSM 2019

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Tahun 2019 ini Kabupaten Kebumen menjadi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Jawa Tengah. KSM dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu -Kamis (14-15/8/2019).

    Sebanyak 1.055 pelajar dari Madrasah MI, MTs dan Ma dari 35 kabupaten/kota mengikuti ajang yang berlangsung di MTs Negeri 1 Kebumen tersebut. Acara dibuka Kepala Kanwil Kemenag Jateng Drs H Farhani SH MM,  Rabu (14/8) malam. Acara pembukaan juga dihadiri oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

    Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Panut SPd MM menyampaikan KSM Tingkat Provinsi Jateng 2019 melombakan 11 bidang mata pelajaran. Ini meliputi dua mapel untuk siswa MI, tiga mapel untuk siswa MTs, lima mapel untuk siswa MA.

    Untuk acara pembukaan dan penutupan KSM  dilaksanakan di MTs N 1 Kebumen. Sedangkan kegiatan lomba ditempatkan di MTs N 2, MTs N 3, MTs N 5, MAN 1, MAN 2 dan MAN 3 Kebumen.

    KSM bertujuan menyediakan wahana bagi siswa madrasah. Ini untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang sains. Kegiatan ini juga untuk memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual. "Ini juga untuk menumbuhkan budaya kompetisi yang sehat di kalangan siswa madrasah.," ujarnya.

    Kepala MTs Negeri 1 Kebumen H Siswanto MPdI didampingi guru Salim Wazdy MPd menyampaikan, KSM berbeda dengan kompetisi lainnya. KSM memiliki karakter integrasi antara sains dan Islam. Ini untuk menuju madrasah hebat bermartabat. Adapun penyusunan soal KSM yang terintegrasi dengan ilmu keislaman. “Pelajaran yang dilombakan yakni MI mapel IPA dan Matematika,  MTs Matematika, IPA dan IPS, MA Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Geografi, Ekonomi,” ungkapnya.

    Adapun untuk masing-masing  Juara Matematika terintegrasi Madrasah Ibtidaiyah Tingkat Provinsi Jawa Tengah yakni Juara 1 In'am Fahmi Achmad Chuzairi dari Pekalongan. Juara 2 Naila Farikha dari Jepara  dan Juara 3 Sabila Miftahul Hidayati dari Kendal.

    Untuk KSM Mapel IPA MI yakni Juara 1 Fara Nuri Hamidah dari Banyumas. Juara 2 Kirana Puspa Ramadani dari Sragen dan Juara  Daniswara Aryasuta Hariadi dari Sukoharjo.Untuk Mepel Matematika MTs Juara 1 Muhammad Hanif dari Pati. Juara 2 Emeliana Putri Ayu Ningsih dari Kota Semarang dan Rasyif Aulia Mahmud dari Kudus. Untuk mapel IPA Terpadu  MTS Juara 1 Muhammad Maqusa Fala dari Kudus. Juara 2 Balindra Priya Adilaksita dari Kebumen dan Juara 3  Lintangadi Wildan Wirayudha dari Boyolali.

    Untuk Mapel IPS Terpadu MTs Juara 1 Afdal Elang Arifin dari Tegal. Juara 2 Fattan Choirul Umam dari Kebumen dan Juara 3 Maftukhah Arum Setiyani dari Temanggung.Untuk Mapel Matematika MA, Juara 1 Muhammad Hanif dari Pati. Juara 2 Emeliana Putri Ayu Ningsih dari Semarang dan Juara 3 Rasyif Aulia Mahmud dari Kudus. Untuk Mapel Biologi  MA, Juara 1 CANDRA Febriana Wahyuning Adimulya dari Kota Semarang. Juara 2 Muhammad Hafidz Radhea dari Kota Semarang dan Juara 3  Insani Bintang Nusa dari Kudus.

    Untuk Mapel Fisika MA, Juara 1 Haidar Akbar Adib Putra dari Kudus. Juara 2 Nila Maghfiroh dari Temanggung dan Juara 3 Uyun Nafidzatul Fajriyyah dari Demak. Sedangkan untuk Mapel Kimia MA, Juara 1 Adninda Fitri Risdianto dari Kota Semarang, Juara 2 M Michael Maulid Hanzky dari Pekalongan dan Juara 3 Abdillah Dwi Puji Rahmawati dari Kabupaten Semarang.

    Sedangkan untuk Mapel Ekonomi MA Juara 1 Ahmad Ziyan Faradis Mumtaza dari Kudus, Juara 2 Arizky Damayanti dari Temanggung dan Juara 3 Muhammad Daffa Dezar dari Kota Semarang. Adapun untuk Mapel  Geografi Juara 1 Iftinaan Nadhiifah dari Kebumen. Juara 2 Arif Sofian Syah dari Karangayar dan Juara 3 Akhmad Singgih  dari Banyumas.

    KSM ditutup oleh Plt Kabid Pendidikan Madrasah Imam Buchori MAg. Semua juara 1 dan 16 besar skor tertinggi Nasional (selain yang juara 1) berhak ikut KSM TK Nasional di Menado yang akan digelar pada 9-13 September 2019. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top