BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Senin, 12 Agustus 2019

    Idul Adha, Wabup Kebumen Kurban 11 Ekor Sapi

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, melaksanakan kurban sebanyak 11 ekor sapi. Dari jumlah tersebut, 10 diantaranya telah dibagikan ke masyarakat baik di masjid-masjid hingga pondok pesantren.  Sementara, satu ekor lagi rencananya bakal dipotong di Rumah Dinas Bupati, Rabu (14/8/2019) mendatang.

    Dari 10 ekor yang telah disalurkan kepada masyarakat kemarin, ada satu yang dikelola Masjid Agung Kebumen. Menariknya, sapi pemberian Wabup Arif ini menjadi satu-satunya kurban sapi di Masjid Agung Kauman Kebumen. Pasanya pada Idul Adha kali ini Masjid Agung hanya mendapat kurban satu ekor sapi dan delapan ekor kambing.

    "Idul Adha bermakna pengorbanan dengan ketulusan dan jiwa besar. Mengorbankan apa yang kita cintai dar harta benda kepada orang lain dengan maksud ibadahkepada Allah termasuk pikiran tenaga tanpa pamrih," ujar Wabup Arif, Minggu (11/8/2019).

    Dia menambahkan, Idul Adha merupakan momen penting  bagi Umat Muslim. Kurban senantiasa mengajarkan manusia untuk dapat ikhlas.  Ini sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Ibrohim. Dimana pihaknya dengan segala penuh keikhlasan mengorbankan anaknya yakni Nabi Ismail atas perintah Alloh. Ini juga untuk menjaga keimanan dan ketaqwaanya.

    Disampaikan pula, kisah Nabi Ibrohim tersebut dapat  dimaknai sebagai pembelajaran yang sangat berharga. Ini agar manusia selalu menjaga dan meningkatkan iman dan taqwa. “Iman juga sesuai dengan selogan Kabupaten Kebumen yakni Beriman,” ungkapnya.

    Wabup juga berharap, hewan kurban dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dari pemerintah kepada masyarakat. “Kami berharap bantuan hewan kurban dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,”tuturnya.

    Terpisah Takmir Masji Agung Kauman Kebumen KH Dawamudin Masdar mengatakan, pihaknya mengelola dan mendistribusikan hewan Kurban dari masyarakat seekor sapi dan delapan ekor kambing. Satu ekor sapi merupakan kurban dari Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH. “Benar kali ini sapi hanya satu ekor,” katanya.

    Ia mengakui, sebelumnya tidaklah demikian. Biasanya kurban sapi di Masjid Agung Kebumen lebih dari satu ekor. Kendati demikian hal ini menurutnya malah positif.
    "Kalau di Masjid Agung atau bukan itu hanya soal tempat saja. Dengan berada di banyak tempat justru menjadi baik. Ini dari segi pengelolaan dan pembagian (manajemen) daging kurban,” ucapnya.

    Apalagi, sejumlah mushola di lingkungan Masjid Agung banyak yang berkurban sapi. "Intinya kesadaran masyarakat untuk berkurban di Hari Idul Adha memang meningkat," ujar Dawam. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top