BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Senin, 12 Agustus 2019

    Gantikan Plastik, Besek Bambu Jadi Kemasan Daging Kurban

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Menarik melihat cara Pondok Pesantren (Ponpes ) Al Hasani Jatimalang Desa Jatimulyo Kecamatan Alian dalam mengemas daging kurban. Di tengah himbauan Pemerintah untuk mengurangi penggunaan tas plastik untuk mengemas hewan kurban, mereka memilih besek bambu sebagai gantinya.

    Tak hanya ramah lingkungan, cara ini juga membangkitkan potensi lokal di Kebumen dimana banyak perajin anyaman bambu di Kebumen.


    Pengasuh Ponpes Al Hasani Gus Fachrudin An Nawawi mengatakan,  ada 3 ekor sapi dan  ekor kambing yang dipotong di halaman Masjid Baitul Hasan Desa Jatimalang Kecamatan Alian kompleks ponpes Al Hasani. Setelah dipotong, daging itu lantas dimasukkan ke dalam besek untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat. Ada ratusan besek telah disiapkan. "

    "Baru pertama kali ini, kita menggunakan besek. Besek itu dibeli pihak pondok dari para pengrajin di Kabupaten Kebumen.

     Ini juga sebagai bentuk upaya mendukung pemerintah mengurangi penggunaan sampah plastik," katanya.

    Penggunaan besek yang terbuat dari anyaman bambu, diakui Fachrudin An Nawawi lebih mahal daripada kantung plastik. Namun, besek membuat daging segar lebih lama. Dan pastinya, besek berbahan baku pohon bambu itu lebih ramah lingkungan daripada plastik yang tak bisa langsung terurai bahkan cukup membahayakan bagi kesehatan dan mencemari lingkungan.




    "Pakai besek dagingnya kering jadi awet tidak cepat berbau, bahkan karna kadar airnya sudah berkurang jika dimasak lebih enak," katanya di sela-sela pembagian hewan kurban.
    Pria yang akrab disapa Gus Fachru itu berharap, penggunaan besek dalam distribusi daging kurban ini bisa menjadi edukasi bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk peduli lingkungan. Tak hanya itu dengan pengunaan besek ini diharapkan menjadi percontohan wilayah lain.



    "Ini juga bisa membantu perekonomian bagi para pengrajin besek di Kebumen," ungkapnya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top