• Berita Terkini

    Kamis, 25 Juli 2019

    Wisata Adiluhur Sabet Juara 1 di Ajang Desa Wisata Jawa Tengah

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Desa Wisata Adiluhur Adimulyo berhasil mencuri perhatian dewan juri dan para pengunjung stan Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2019.  Hal inilah yang berhasil mengantarkan desa wisata tersebut meraih Juara 1 Desa Wisata Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2019.

    Dari berbagai penilaian itulah Dewan Juri, akhirnya memutuskan Juara 1 diraih oleh Desa Wisata Adiluhur Adimulyo Kebumen. Setelah itu disusul Juara 2 oleh Desa Wisata Tanalum Purbalingga. Juara 3 diraih Desa Wisata Jarum Klaten.

    Acara digelar pada 20-21 Juli 2019 di Lapangan Garnisun Kota Semarang. Ini diikuti oleh 31 perwakilan dari seluruh kota/kabupaten di Jawa Tengah. Acara oleh Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH. Ini juga memberikan ruang promosi bagi para peserta Gelar Desa Wisata untuk mempromosikan segala potensi yang dimiliknya. Tak terkecuali Kabupaten Kebumen yang berhasil menempati stand nomor urut 3.

    "Sejak awal kedatangan, Desa Wisata Adiluhur sudah mencuri perhatian dewan juri dan pengunjung.  Dengan konsep stannya yang unik dari anyaman bambu dan gubug kecil mini di depan stand yang diisi penjual serabi tradisional yang menjajakan serabi dengan tungku gerabah tradisional,” ungkap Supardi Kepala Desa Adiluhur yang turut serta mendampingi peserta selama 2 hari.

    Dalam kesempatan tersebut juga menampilkan Ebeg Pangeran Ula sebagai seni yang ditampilkan kepada dewan juri. Selain itu untuk produk unggulan juga dibawakan minuman khas Adiluhu yakni Telang Squash. “Ini  yang juga berhasil meraih juara kategori Produk Unggulan Terbaik di ajang ini,” kata Ketua Desa Wisata Adiluhur Novanda Alim Setya N SS Mhum

    Kontingen Kebumen selama mengikuti Lomba Gelar Desa Wisata di Semarang juga didampingi Kepala Disporawisata Kebumen yang diwakili oleh Sekretaris Disporawisata Drs HM Priyono MMPd, Kabid Pemasaran Unggul Winarti SH MSi, Kasi Pengembangan SDM Pariwisata Muhammad Latif dan Camat Adimulyo Heri Nugroho SH.

    "Kemenangan ini tidak hanya sebagai penghargaan dan eksistensi semata, tapi juga merupakan tanggung jawab yang harus diemban ke depannya untuk lebih menyiapkan Desa Wisata Adiluhur khususnya menjadi lebih baik kembali dan Kabupaten Kebumen pada umumnya. Mengingat pada tahun 2020 nanti Kebumen akan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2020," kata Unggul Winarti SH MSi.

    Dalam lomba tersebut Desa Wisata Adiluhur berhak atas trophi dan uang pembinaan sebesar Rp 15 juta. Untuk predikat Juara 1 Umum dan Rp 6 juta sebagai hadiah untuk kategori produk unggulan terbaik.

    Selama mengikuti lomba, stand Desa Wisata Adiluhur juga menjadi salah satu stand favorit yang dikunjungi oleh para pengunjung. Apalagi perwakilan desa wisata berhasil menarik perhatian dengan membawa koleksi reptil seperti ular dan iguana milik Taman Reptil Adiluhur (TARA) dan Kampung Wisata Inggris Kebumen (KWIK) yang merupakan obyek wisata yang berada di Desa Wisata Adiluhur. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top