• Berita Terkini

    Rabu, 24 Juli 2019

    Warga Sawangan Diajak Perangi HIV/Aids

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Warga Desa Sawangan Kecamatan Alian, mengikuti penyuluhan HIV/Aids yang  digelar di balai desa setempat, baru-baru ini. Kegiatan dalam rangka Program non fisik TMMD Sengkuyung itupun disambut antusias.

    Dalam kesempatan itu, warga mendapatkan penjelasan dari petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, Maryati. Maryati dalam paparannya, menyampaikan bagaimana penyakit HIV/Aids menular, termasuk pengobatan dan pencegahannya.

    "Ada beberapa hal yang mendasar terkait penyakit HIV/Aids. Penularan bisa terjadi melalui pertukaran darah, sperma bahkan ASI atau air susu ibu. Jadi, cara terbaik adalah mencegah dan bukan mengobati," papar Maryati.

    Dikatakan, pemahaman mengenai penyakit HIV/AIds ini penting bagi masyarakat Kebumen. Mengingat, angka atau kasus HIV/Aids di kota beriman cukup tinggi. Pada tahun 2019 ini, persisnya hingga bulan Juni, ditemukan 29 kasus HIV dan 63 penderita Aids. Dari jumlah itu, 58 diantaranya kaum pria. Sementara sisanya, 24 adalah perempuan.

    Oleh karena itu, Pemkab Kebumen melalui Dinas Kesehatan terus berupaya menekan kasus HIV/Aids. Selain menggencarkan sosialiasi, Dinkes juga telah membuka sedikitnya 47 pelayanan VCT mobil e yang berada di 35 Puskesmas dan 11 rumah sakit. Satu lagi, berada di BP4. "Selain itu, ada 10 layanan pengobatan HIV/Aids," ujar Maryati. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top