BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Rabu, 10 Juli 2019

    Pembangunan Jalan Desa Aditirto Diprotes Warga

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Puluhan warga Desa Aditirto Kecamatan Pejagoan, Selasa (9/7/2019), beramai-ramai mendatangai kantor balai desa setempat. Mereka memprotes proses pembangunan jalan di wilayah tersebut yang dianggap tak melibatkan warga.

    "Keterlibatan warga dalam pelaksanaan pembangunan menjadi hal yang penting. Dengan itu warga mempunyai pekerjaan yang berujung pada pendapatan untuk kebutuhan ekonomi. Bukankan tujuan pembangunan itu sendiri adalah untuk mensejahterakan masyarakat," kata Ketua BPD Desa Aditirto, Masduki.

    Selain itu pihaknya juga menyampaikan  pelaksanaan pembangunan rabat beton semestinya dilakukan secara swakelola. Yang terjadi tidak demikian namun justru menggunakan ready mix. Warga pun menuntut pembangunan rabat beton yang sudah berjalan dihentikan.

    Masduki menyampaikan awalnya BPD mendapatkan aspirasi dari masyarakat. Ini terkait pembangunan fisik pada tahun 2019. Kemudian BPD meminta pertemuan dengan pemerintahan desa untuk menyampaikan aspirasi masyarakat.

    Warga lantas meminta pembangunan jalan tersebut dilakukan swakelola.  "Warga menuntut pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan Rencana Anggaran dan Belanja (RAB). Yakni pembangunan dilaksanakan dengan cara secara swakelola.  Dengan ini pembangunan desa dapat menyerap tenaga kerja lokal dan bukan dari luar," tutur Masduki.

    Pada tahun 2019, lanjutnya , terdapat Desa Aditirto akan melaksanakan pembangunan jalan di tiga titik meliputi di RT 9, RT 8 dan RT 7-5. Selain jalan, ada juga pembangunan drainase.
    Yakni di samping balai desa, persisnya di RT 6. Di RT 9 pembangunan sudah dilaksanakan dengan ready mix sepanjang 160 meter dari total 350 meter. "Ini jelas tidak sesuai, sebab tidak swakelola. Nantinya jika sudah swakelola masyarakat siap menjadi pekerja. Ini dengan dikoordinir oleh masing-masing Ketua RT setempat," kata Masduki.

    Sementara Kepala Desa Aditirto, Muhammad Makhali dalam pertemuan menyampaikan, Pemerintah Desa Aditirto akan memenuhi permintaan masyarakat.  Pihaknya bersama BPD juga akan membentuk Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

    Turut hadir dalam pertemua kemarin, anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) setempat, perwakilan Polsek Pejagoan serta Koramil Pejagoan.(mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top