• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Sabtu, 06 Juli 2019

    Kemarau, Warga Kebumen Mencuci di Sungai

    saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Seiring datangnya musim kemarau, sejumlah warga di Kabupaten Kebumen mulai mengalami krisis air bersih. Ini lantaran sumur mereka mulai mengering. Untuk memenuhi kebutuhan air, sejumlah warga terpaksa mencari sumber-sumber air lain.

    Seperti terjadi di Desa Desa Peniron Kecamatan Pejagoan yang terpaksa mencuci baju dan perabotan rumah tangga di sungai Luk Ulo. Mereka, khususnya kaum Ibu, berbondong-bondong ke sungai sembari membawa perabotan rumah tangga, juga pakaian.

    "Iya Mas. Air dari gunung sudah tidak menyala, sumur juga tinggal hanya untuk kebutuhan minum," kata Saripah (50) warga Desa Peniron, ditemui kemarin..

    Saripah tak sendiri. Sejumlah warga lain juga melakukan hal yang sama. Termasuk bagi warga Desa Desa Kemangguan dan Wonokromo Kecamatan Alian. Di sana, warga menggunakan aliran irigasi Wadaslintang dan Sungai Kedungbener untuk kebutuhan mencuci.



    Karmitah (45) salah satu warga Desa Wonokromo mengaku ia mencuci perabotan rumah tangga dan baju di sungai bahkan untuk kebutuhan mandi juga menggunakan air sungai.


    "Musim kemarau, air mulai sulit banyak pipa air dari gunung juga kadang mengalir kadang nggak ya terpaksa nyuci di sungai," katanya

    Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Eko Widianto, mengatakan, ada  64 desa di Kabupaten Kebumen yang rawan krisis air bersih setiap kemarau.

    Bagi desa-desa tersebut, Pemkab Kebumen melalui BPBD memberikan bantuan berupa droping air bersih. Bahkan, sejauh ini, kata Eko, droping air bersih sudah mulai dilakukan.

    "Sudah mulai droping. Hanya memang yang mengajukan baru Desa Kuwayuhan, (Kecamatan Pejagoan). Namun bagi desa yang sangat krisis air nantinya kita akan droping air, menunggu permintaan dari kecamatan masing - masing," kata Eko didampingi Bako Humas BPBD Kebumen Heri Purwoto, Jumat malam.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top