• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Rabu, 26 Juni 2019

    Perpusda Kebumen Galakkan Budaya Gemar Membaca

    fotoistimewa
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dalam upaya mendorong peningkatan kemampuan literasi masyarakat untuk mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkarakter Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kebumen bersama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI melaksanakan kegiatan sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca, Selasa (25/6/2019).



    Pada sosialisasi yang diikuti sedikitnya 100 peserta yang terdiri dari OPD, guru Paud atau pengelola PAUD, pengelola perpustakaan sekolah, kali ini mengangkat tema Implementasi Program Revolusi Mental menuju Indonesia cerdas 2024.

    Sosialisasi ini juga dihadiri dari para pegiat perpustakaan TBM atau Komunitas pemerhati perpustakaan dan budaya baca, pengelola berbagai jenis perpustakaan, PKK, Karang Taruna dan media cetak maupun elektronik.



    Selain itu pada sosialisasi ini juga mendatangkan narasumber Pustakawan Ahli Madya Perpustakaan RI, Dra Tatat Kurniawati, Duta baca Prop Jateng, Novanda Alim Setyo Nugraha, dan Dosen Informatika Institut Tehnologi Telkom Purwokerto, Affandi Nur Aziz Thohari

    Hadir pula, Bupati Kebumen KH Yazidz Mahfudz, Kepala perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diwakili oleh Kepala pusat pengembangan perpustakaan dan Kajian minat baca, Drs Deni Kuniawan M Hum serta segenap kepala OPD terkait.



    Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen, Anna Ratnawati SKM MSi, mengatakan tujuan sosialisasi pemudayaan kegermaran membaca kali ini, untuk mempromosikan pentingmya perpustakaan dalam membangun kopentensi dan produktifitas, meningkatkan kesadaran orang tua, guru dan masyarakat untuk mengarahkan minat baca anak sejak dini.



    "Kegiatan ini untuk menggalakan gerakan membaca secara nasional melalui pemberdayaan perpustakaan berbasis inklusif sosial baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat," katanya di sela - sela acara.



    Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Perpusda. Gus Yazid, sapaan akrabnya, berpesan kedepan Disarpus Kabupaten Kebumen akan meluncurkan program literasi geopark . "Program ini untuk mendukung pemerintah Kebumen dalam mempromosikan dan mengedukasi masyarakat tentang geopark nasional Kebumen," katanya. (fur).



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top