BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Rabu, 12 Juni 2019

    Pemilihan BPD Karangsari Digelar Layaknya Pilpres

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ada cerita menarik dari acara pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Karangsari di Pendopo Kecamatan Kebumen, Selasa (11/6). Yakni proses pemilihan anggota BPD yang seperti Pemilihan Presiden (pilpres).

    Ketua Panitia Pemilihan BPD Desa Karangsari H AM Suharyono SSos SPKP menyampaikan Pemilihan dilaksanakan seperti Pilpres, lengkap dengan bilik suara KPU.

    Awalnya, ditentukan jumlah pengurus BPD. Yakni, berdasarkan jumlah penduduk dan besaran Anggaran Pendapatan Desa (APBDesa). Desa Karangsari dengan jumlah penduduknya 6.156 jiwa.

    Sedangkan APBDesa Karangsari kurang dari Rp 1,25 miliar. Sehingga kuota untk anggota BPD terdapat tujuh orang. Ini terdiri dari satu unsur keterwakilan perempuan (organisasi perempuan) dan enam lainnya perwakilan wilayah yakni RW/Dusun. Jumlah perwakilan RW/Dusun juga ditentukan oleh banyaknya penduduk.

    Hingga kemudian, terdapat 21 pendaftar untuk anggota BPD. Ini terdiri dari 14 laki-laki dan 7 orang perempuan.

    Dari 21 orang tersebut unsur keterwakilan wilayah sebanyak 17 orang dan sisanya empat orang dari organisasi perempuan atau unsur keterwakilan perempuan. “Organisasi perempuan ini meliputi Pengurus TP-PKK, Pengurus Ranting Muslimat NU, Pengurus Ranting Aisyiyah dan Tokoh perempuan di Wilayah RW/Dusun,” tuturnya.

    Untuk para pemiliih calon BPD dari perwakilan RW wilayah meliputi Pengurus RT dan RW. Pengurus LKMD Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Sedangkan untuk pemilih calon BPD dari unsur keterwakilan perempuan adalah Organisasi perempuan ini meliputi Pengurus TP-PKK, Pengurus Ranting Muslimat NU, Pengurus Ranting Aisyiyah dan Tokoh perempuan di Wilayah RW/Dusun. “Pemilihan dilaksanakan pada 19 Maret 2019 di Kantor Balai Desa Karangsari. ” terangnya.

    Akhirnya, terpilih anggota BPD dari RT 1 Dukuh Klepubener Alwi Akhmad SE. Dari RT 2 Dukuh Kewangen Qolbin Salim dan Thobroni. Untuk RW 5 Dukuh Kesambi terpilih Nasjib Faisol SPdI.

    Untuk keterwakilan perempuan yakni Nining Asmawati SIP yang merupakan alumnus UGM Yogyakarta. Untuk RW 3 Dukuh Karangasem terpilih Arifin. Sedangkan untuk RW 4 dukuh Ampel terpilih JE, Warsito ST. “Untuk jenjang pendidikan para calon anggota BPD SLTA delapan orang, Diploma III satu orang, S1 10 orang dan Pasca Sarjana (S2) dua orang,” ucapnya.

    Pelantikan anggota BPD Karangsari sendiri dilaksanakan secara bersama di Pendopo Kecamatan Kebumen. Mereka dilantik Camat Kebumen, Ram Gunadi. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top