• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Sabtu, 22 Juni 2019

    Pangdam: Pramuka Adalah Aset Bangsa

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pramuka merupakan suatu wadah ataupun aset bangsa yang tak ternilai harganya. Ini berkaitan dengan betapa pentingnya pendidikan karakter untuk putra-putri Indonesia. Gerakan Saka Wira Kartika diharapkan dapat menambahkan kemampuan dan keterampilan peserta. Sehingga menghasilkan muda-mudi yang tangguh dan mandiri.

    Hal ini ditegaskan oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jendral TNI Muhammad Efendi saat menjadi Irup pada Upacara Pembukaan Persami Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Daerah Kodam IV/Dip. Upacara dilaksanakan di Lapangan Tembak Krida Manggala Secata Rindam IV/Dip Desa Pekuncen Sempor.

    Kemah Persami tersebut mengusung tema “Melalui pembinaan kepramukaan Sakawira Kartika TNI AD siap membina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa kesatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menjaga keutuhan NKRI". Kegiatan dihadiri setidaknya 600 peserta saka Wira Kartika Se- Kodam lV/Diponegoro Jawa Tengah.

    Hadir dalam acara tersebut Aster Kasad Brigjen TNI Gatut Setio Utomo,  Pengurus Kwartir Jateng Suroso, Danridam lV/Diponegoro Kolonel Inf Amrin lbrahim SIP dan Irdam IV/Diponegoro. Selain itu Komandan Kodim Jajaran Kodam lV/Diponegoro dan lain sebagianya.

    Dalam amanatnnya, Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jendral TNI Muhammad Efendi menyampaikan mengacu pada tema melalui pembinaan kepramukaan Saka Wira kartika TNI AD siap pembinaan dan membentuk generasi bangsa. Ini berkaitan dengan karakter dan wawasan kebangsaan. “Selain itu diharapkan pramuka berjiwa kesatria menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air dan menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia,” tuturnya.

    Melalui Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan TNI AD melalui gerakan Saka Wira Kartika bersama-sama mengembangkan pembawaan di bidang pembentukan karakter bangsa. Khususnya para generasi muda sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan di masa depan. Pembinaan ini untuk generasi muda dalam rangka merealisasikan Gerakan Pramuka yang dicanangkan Indonesia tahun 2016. “Gerakan Saka Wira Kartika diharapkan dapat menambahkan kemampuan dan keterampilan peserta sehingga menghasilkan muda-mudi yang tangguh dan mandiri,” paparnya.

    Perkemahan Sabtu-Minggu ini terbesar di daerah satuan jajaran Kodam lV/Dip gerakan Pramuka Saka Wira Kartika. Ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan kepramukaan yang telah dilaksanakan oleh aparat satuan komando kewilayahan dan satuan non komando kewilayahan jajaran TNI AD khususnya di Kodam lV Diponegoro. “Serta memberikan wawasan dan pengetahuan jenis-jenis keterampilan dalam Saka Wira Kartika serta mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka penegak dan  pandega yang bersifat aktif kreatif inovatif dan edukatif mengacu kepada pola pembinaan gerakan Pramuka itu sendiri,” paparnya.

    Bukan hanya menjadi Irup upacara saja, kunjungan Pangdam IV kali ini juga memberikan pengarahan kepada Jajaran Kodim 0709/Kebumen. Ini dilaksanakan di Hotel Mexolie. Usai kegiatan tersebut rombongan berserta Pangdam melaksanakan Isoma Sholat Jumat di Masjid Al Huda Panjer RT 01 RW 03 Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top