BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Sabtu, 29 Juni 2019

    Mendadak, 47 Calon Paskibraka Kebumen Dites Urine

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Peserta seleksi calon Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), Jumat (28/6/2019) menjalani tes urin.  Tes urine yang dilaksanakan oleh Puskesmas Karanganyar dan Laboratorium Kesehatan Daerah itu dihelat di Kantor Kesbangpol Kebumen.

    Tes urin ini menjadi salah satu item seleksi fisik dari para calon paskibraka. Ini dilaksakan guna memastikan bahwa calon paskibra benar-benar terbebas dari narkoba. Dengan demikian mereka dapat menjadi contoh atau suri tauladan bagi para pelajar lainnya.

    Kepala Kantor Kesbangpol Kebumen H Nur Taqwa Setiyabudi SH menyampaikan tes urin menjadi salah satu item seleksi fisik dari para calon paskibraka. Peserta yang dapat terpilih menjadi pasukan paskibraka tentu merupakan pelajar berprestasi.

    Dengan demikian, putra putri terbaik Kebumen benar-benar baik dan mampu menjadi contoh bagi pelajar lain. "Paskibraka ini harus tertata dengan baik. Ini dimulai dari segi pola hidup, kepribadian, disiplin dan lainnya sejak awal," katanya.

    Dijelaskannya, para calon Paskibraka ini sebelumnya telah mengikuti serangkaian seleksi. Ini mulai dari seleksi administrasi dan  selaksi fisik. Pada awalnya terdapat pendaftar sebanyak 195 anak.

    Kendati demikian dua anak gugur pada seleksi administrasi. Setelah itu satu persatu peserta gugur dalam seleksi fisik. Kini pendaftar Paskibraka hanya tersisa 47 peserta saja. Ini dengan 31 peserta laki-laki dan sisanya 16 perempuan. "Setelah ini peserta akan menjalani latihan dengan TNI," ungkapnya.

    Nur Taqwa menjelaskan tes urin sendiri dilaksanakan dengan menggunakan alat tes amfetamin Amfetamin adalah kelompok obat psikoaktif sintetis yang menstimulasi system saraf pusat.

    Sedangkan methamphetamine adalah zat zabu. Penggunaan zat tersebut dapat diketahui dengan cara tes urin. Adapun hasil sendiri dapat diketahui 5 menit setelah tes dilakukan.

    Beberapa tahapan Paskibra telah dilaksanakan. Selanjutnya yakni tinggal berlatih. Para peserta akan dilatih dengan arahan dari pihak TNI. “Mudah-mudahan semua berjalan lancar tanpa kendala. Para Paskibra akan bertugas pada 17 Agustus mendatang,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top