BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Senin, 24 Juni 2019

    Hanya Ada Satu Calon, Pilkades Dua Desa Ditunda

    FOTOHUMASPEMKABFOREKSPRES
    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Dari 348 desa di Kabupaten Kebumen, yang rencananya bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 25 Juni 2019, ada dua desa yang ditunda. Dua desa tersebut masing-masing Desa Pandanlor Kecamatan Klirong dan Pengempon Kecamatan Sruweng.

    Ini terjadi lantaran di dua desa tersebut hanya ada satu bakal calon di masing-masing desa. Padahal, Pilkades mensyaratkan minimal dua calon.



    "Awalnya Pilkades serentak gelombang II akan diikuti oleh 348 desa. Namun ada dua desa ditunda pelaksanaan, sehingga jumlahnya berkurang menjadi 346 desa," terang Kepala Dispermades P3A Kabupaten Kebumen, Frans Haidar saat mendampingi Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz pada kegiatan monitoring persiapan Pilkades, Senin (24/6/2019) pagi.

    Bagi kedua desa itu, akan menggelar Pilkades pada November 2019, bersamaan dengan 52 desa lain yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahap III. "Setelah ditutup masa pendaftaran dan diperpanjang sampai 14 Juni, ternyata yang mendaftar hanya satu orang. Karena kurang dari dua, sehingga harus ditunda di bulan November," ujar Frans.

    Masih kata Frans,  sebanyak 1.014 calon kepala desa bakal bertarung pada Pilkades serentak 25 Juni 2019 besok. Jumlah tersebut tersebar di 346 desa di 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen.

    Sementara itu,  Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, mengatakan tidak ada hari libur bagi PNS pada saat pelaksanaan Pilkades serentak 25 Juni besok. Meski demikian, para PNS tetap diminta menggunakan hak pilihnya.



    Imbauan itu disampaikan menyusul memilih pemimpin, termasuk Pilkades merupakan kewajiban bagi masyarakat yang telah memenuhi syarat.

    "Tidak ada hari libur pada hari pemungutan suara Pilkades. Namun, para PNS diberi waktu khusus untuk menggunakan hak pilihnya. Setelah itu, PNS harus kembali bekerja seperti biasa," tegas Yazid Mahfudz.


    Turut mendampingi bupati pada monitoring Tim I tersebut, Kepala Dispermades P3A Frans Haidar, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Maskhemi, Kepala Satpol PP Kebumen Agung Pambudi, serta sejumlah pejabat lainnya.

    Bupati bersama rombongan melakukan monitoring di sejumlah desa yang akan menyelenggarakan Pilkades besok di Kecamatan Kebumen dan Buluspesantren. Yakni Kutosari, Gemeksekti, Karangsari dan Gesikan di Kecamatan Kebumen.

    Kemudian, Desa Klapasawit, Brecong, Setrojenar dan Bocor di Kecamatan Kebumen.

    Kemudian, Tim II dipimpin oleh Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH, memantau wilayah Kecamatan Mirit dan Ambal. Sedangkan, Tim III dipimpin oleh Sekda Ahmad Ujang Sugiono, memantau persiapan di wilayah Kecamatan Poncowarno, Alian dan Kutowinangun.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top