BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Sabtu, 29 Juni 2019

    Emak-emak di Kebumen Kini Bisa Pantau Harga Sembako Lewat Ponsel

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Warga masyarakat Kebumen, khususnya para emk-emak (ibu-ibu), kini bisa memantau harga sembilan bahan kebutuhan pokok (Sembako) dari rumah. Ini setelah Pemkab Kebumen melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), meluncurkan Sistem Informasi Kebutuhan Pokok Masyarakat (SIMBOK).

    Aplikasi bernasis android dan smartphone ini dilauncing di pusat Kuliner Kebumen, Jumat (28/6/2019). Hanya dengan ponsel, warga bisa memantau perkembangan harga sembako di empat pasar besar di Kebumen.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen, Widiatmoko SH MH, mengatakan aplikasi Simbok yang bisa diunduh di play store melalui gawai berbasis android ini akan memberikan informasi lengkap terkait perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat di 4 pasar besar di Kebumen. Meliputi pasar Tumenggungan Kebumen, pasar Karanganyar, pasar Wonokriyo Gombong dan pasar Prembun.

    "Sistem Informasi Kebutuhan Pokok Masyarakat (SIMBOK) hadir sebagai adanya perubahan informasi berbasis elektronik. Di era digital saat ini kebutuhan informasi berbasis elektronik sangat  diharapkan. Masyarakat lebih sering menggunakan gadget dan  smartphone untuk mencari informasi dan membantu kegiatan sehari-hari," kata Widiatmoko, saat memberikan sambutan.

    Masih kata Widiatmoko, aplikasi Simbok memberikan informasi daftar harga secara realtime sekaligus  memberikan sajian data dalam bentuk table harga per pasar, per hari, per minggu, per bulan, per tahun  dalam bentuk grafik perubahan harga komoditi. Pengguna bahkan bisa mendownload data tersebut dalam bentuk format PDF.

    "Dengan aplikasi ini, kini masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan harga kebutuhan pokok tak perlu harus datang langsung ke pasar tapi cukup dengan mendownload aplikasi ini maka seluruh informasi tentang perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat sudah bisa ada di genggaman," kata Widiatmoko.

    Tak kalah penting, Widiatmoko meminta petugas dapat secara kontinyu menjalankan tugasnya menginput harga di pasar yang sudah ditunjuk. Ini agar masyarakat dapat mengetahui perkembangan harga di pasar-pasar besar tersebut.  "Kami berharap dengan adanya aplikasi ini, akses informasi harga pasar lebih mudah diakses, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan merasakan maanfaatnya sekaligus mengatur kebutuhan belanja," imbuh Widiatmoko. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top