• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Senin, 17 Juni 2019

    Anggota Paguyuban Seger Gelar Halal Bihalal

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kesadaran warga Kecamatan Adimulyo khususnya para lanjut usia (lansia) akan pentingnya kesehatan ini, patut ditiru. Agar selalu sehat dan bugar, mereka rutin melakukan olahraga senam.  Bahkan, kemdian mereka sepakat membentuk paguyuban yang disebut Paguyuban Sedya Gawe Rahayu (Seger).

    Tak hanya senam, para anggota Paguyuban Seger juga rutin menggelar silaturahmi dan halal bihalal saat lebaran. Seperti pada Sabtu (15/6), ratusan anggota paguyuban Seger berkumpul dan saling bermaafan di Gedung BPLKMD Desa Kemujan Kecamatan Adimulyo, Sabtu (15/6/2019).

    Tampak saat itu, Hadir, Muspika Kecamatan Adimulyo, serta Ketua Umum Paguyuban Seger, dr H Supriyadi MHS. Kali ini, mereka juga mendapat siraman rohani dari Kyai Ali Munabah dari Tuntang Semarang.

    Ketua Umum Paguyuban Seger, dr H Supriyadi MHS menyampaikan, silaturahmi dan halal bihalal sudah rutin mereka lakukan setiap tahun di luar kegiatan senam yang berlangsung sekali dalam sepekan."Jadi biar tidak hanya sehat jasmaninya juga rohaninya kita isi dengan tausiyah," kata dokter yang terkenal ramah itu.

    dr H Supriyadi yang juga dokter keluarga itu mengatakan, paguyuban Seger terbentuk dari hanya sekedar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2011 silam. Awalnya, anggotanya merupakan para pasiennya. Seiring waktu dan karena dirasakan manfaatnya, anggotanya Paguyuban Seger terus bertambah.

    Bahkan, dari yang awalnya kaum lanjut usia (lansia), kini sudah merambah anak dan cucu mereka. Saat ini sudah ada sekitar 3000 anggota Paguyuban Seger yang beragam latar belakang profesinya. Tak hanya dari Adimulyo, sebagian peserta datang kecamatan di sekitaran Adimulyo. Diantaranya Puring, Kuwarasan dan Sruweng. Para anggota kini tak hanya melakukan senam therapy digabung senam prolanis, tapi juga aerobik.

    "Dalam kegiatannya, anggota Seger ini dibagi 15 pos. Senam dilakukan di masing-masing pos pada waktu yang sama," ujar dia yang kemarin didampingi Koordinator Pelaksana Senam Segar Dwi Yuli SP.

    Dokter Supriyadi menambahkan, paguyuban Seger terbentuk dari dan untuk masyarakat. Untuk pendanaan dilakukan secara sukarela dari anggota juga berasal dari para donatur. Misi Paguyuban Senam Segar ialah untuk mewujudkan lansia yang sehat, gembira dan memiliki jiwa muda.

    Dengan membangun lansia yang segat, bugar dan gembira akan menekan angka kesakitan bagi para lansia. “Selain menjaga kesehatan bagi para lansia, paguyuban senam lansia sekaligus untuk menjaga kehidupan sosial bagi para lansia,” ujarnya.

    dr H Supriyadi berharap, ke depan, anggota Pagyuban Seger semakin bertambah. Sehingga manfaatnya dapat lebih dirasakan oleh banyak lapisan masyarakat. Bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Bagi para anggota kami juga berharap semakin solid dan meningkat baik dari sisi jumlah maupun kehadiran," katanya.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top