BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Selasa, 07 Mei 2019

    Warga Bumirejo Gelar Lomba Musik Bangunkan Sahur

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Banyak ragam yang dilaksanakan masyarakat untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan. Berbagai tradisi tahunan kerap dilaksanakan pada bulan suci ini. Salah satunya yakni klotekan atau musik yang digunakan untuk membangunkan sahur. Warga Bumirejo menggelar lomba musik bangunkan sahur. Ini dihelat oleh Yayasan Al Badar, Minggu (5/5/2019).

    Meski lomba dilaksanakan oleh Yayasan Al Badar, namun peserta memperebutkan piala Lurah Bumirejo. Bukan hanya dari desa setempat saja, peserta juga banyak yang berasal dari luar Kecamatan Kebumen. Salah satu group yang mengikuti lomba tersebut berasal dari Desa Jemur Kecamatan Pejagoan. Pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan.

    Lomba Musik Pembangun Sahur diikuti oleh 12 goup. Setiap maksimal terdiri dari tujuh orang. Adapun maksimal peserta yakni berumur 20 tahun. Dulu lomba seperti ini rutin dilaksanakan mulai 2008 hingga tahun 2011. Namun sempat berhenti dan kemudian aktifkan kembali. Kali ini lomba mengusung tema “Lestarikan Budaya Sambut Ramadhan dengan Penuh Keceriaan untuk Meraih Keberkahan”.

    Para peserta memainkan musik dengan penuh semangat. Selain itu mereka juga bernyayi berbagai lagu dengan iringan musik. Beberapa alat musik yang digunakan memang tidak lazim ini seperti tong, pipa paralon hingga stang sepeda dan gir rantai. Bahkan rantang tempat makan tak luput menjadi alat musik

    Setiap tim, diberikan kesempatan tampil dihadapan juri dan berkeliling Kelurahan Bumirejo sepanjang 1,5 kilometer. Juri lomba tersebut terdiri dari tiga yaitu Sayid Ahmadi, Febi Kurniawan dan Aziz. Penilaian lomba sendiri terdiri dari kekompakan kostum, kreatifitas alat, keindahan musik, improvisasi musik dan ekspresi.

    Ketua Panitia Muhammad Fatkhul Huda menyampaikan lomba ini diselenggarakan dalam rangka melestarikan kebudayaan menyambut Ramadan. Lomba juga mengajak anak muda untuk berkreativitas musik. Disisi lain, dirinya mengharapkan anak muda gembira menyambut bulan Ramadan. "Semoga ke depan budaya ini terus dipertahankan oleh anak muda di Bumirejo," tuturnya.

    Sementara itu, Ketua Yayasan Al Badar KH Ahmad Mudzakir mengungkapkan, lomba diharapkan menjaga anak muda agar tidak terjebak dalam perkembangan teknologi. Anak muda khususnya remaja muslim memiliki rasa cinta akan ibadah dan kebudayaannya. "Harapannya anak muda ini memiliki kemandirian dan akhlak yang mulia," ucapnya.
    Lomba dimenangkan juara  dari Group Dukuh Gunung Mujil Kelurahan Bumirejo Kebumen. Juara 2 dari Desa Jemur Lengkong Pejagoan dan Juara 3 dari Jemur Krajan Pejagoan. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top