HONDA VARIO

  • Berita Terkini

    Rabu, 08 Mei 2019

    Ramadan, Harga Komoditas di Kebumen Naik

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Harga sejumlah komoditas dan bahan pokok di pasar tradisional mulai merangkak naik. Salah satu yang mengalami kenaikan bawang yang sempat mencapai Rp 60 ribu atau ada kenaikan 100 persen.

    Salah satu pedagang. Karsiah mengatakan, kenaikan harga  bawang putih memang sangat terasa. Mengingat sebelumnya, harganya Rp 30 ribu perkilogram. Demikian pula, bawang merah yang biasanya Rp 20 ribu kini menjadi Rp 45 ribu. Sedangkan bawang bombai yang awalnya RP 20 ribu kini menjadi RP 35 ribu.

    "Sedangkan harga cabai tidak mengalami kenaikan atau stabil," kata Karsiah.

    Untuk cabai jenis rawit, harganya Rp 25 ribu perkilogram. Sedangkan cabe merah besar dan hijau bertahan di angka Rp 20 ribu perkilogram. "Untuk komoditas sayur mayur kenaikannya tidak signifikan," katanya.

    Yang disyukuri Karsiah, kenaikan harga tersebut tak lantas membuatnya mengalami penurunan jumlah pembeli. "Pembelinya tetap. Setiap bulan saya masih bisa menjual 50 kg bawang dan cabai," ujarnya.

    Kenaikan harga ini, kata dia, sudah menjadi siklus setiap memasuki bulan Ramadan. Kenaikan itu berasal dari pemasok. "Namun pasokannya juga stabil tidak ada penurunan, hanya entah mengapa harganya naik," imbuhnya.

    Bila penjual tak terlalu terpengaruh dengan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok, lain halnya dengan pembeli. Seperti Robiah (50), misalnya mengeluhkan kenaikan harga yang menurutnya cukup tinggi itu. "Mudah-mudahan nanti harganya bisa kembali stabil," ujarnya. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top