• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Kamis, 23 Mei 2019

    Pesona Negeri Atas Awan Ala Bukit Banda

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tak salah menyebut Kabupaten Kebumen sebagai "surganya" wisata alam. Tak terhitung lagi destinasi wisata baik pegunungan, maupun kawasan pantai. Salah satunya, wisata Bukit Banda yang berada di kawasan Dukuh Kalikemong Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung ini.

    Mungkin, nama itu belum terlalu familiar dengan wisata lain seperti  Bukit pentulu indah. Namun soal keindahan, Bukit Banda sepertinya tak mau kalah. Bukit Banda menawarkan pemandangan kabut awan indah, dengan gardu-gardu pandang di ketinggian.

    Di pagi hari, kabut tebal yang menyelimuti kawasan ini menawarkan pemandangan cantik nan menyejukkan. Saat matahari menjelang terbit, samar-samar semburat jingga kekuningan muncul dari balik awan. Keindahan yang sayang sekali dilewatkan.  Menurut mereka yang sudah ke sana, Bukit Banda layaknya negeri di atas awan.

    Lukman, salah satu warga, mengatakan wisata ini tergolong baru karena baru dibuka. Namun, sudah banyak pengunjung yang datang ke tempat itu.  "Banyak pengunjung muda mudi maupun para penghoby camping  memilih waktu pagi hari agar mendapatkan latar kabut awan yang masih pekat," kata Lukman, kemarin (21/5/2019).

    Lukman menambahkan, lokasi Bukit Banda memang berada di kawasan pegunungan. Namun, tidak sulit untuk dijangkau. "Bukit Banda,bisa ditempuh sekitar 45 menit dari kawasan tugu lawet Kebumen. Di sarankan melalui jalur ke arah Krakal menuju Wadasmalang. Bisa juga menggunakan GPS pada smartphone atau GPS manual alias Gunakan Penduduk Sekitar,

    " ujar Lukman setengah bercanda.

    Untuk dapat menikmati keindahan Bukit Banda, wisatawan tak perlu khawatir soal harga tiket masuk.  Untuk wisata alam dengan panorama seindah ini, wisatawan  hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan dan retribusi seikhlasnya untuk keperluan pengelolaan. Cukup Rp 5000, dan wisatawan sudah bisa menikmati pesona Negeri Atas Awan ala Bukit Banda. "Saat ini Bukit Banda memang masih di kelola oleh pemuda setempat sebesar Rp 5.000. Meski murah, Bukit Banda menjanjikan panorama yang instagramable banget!(indah)," kata Lukman.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top