BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Rabu, 29 Mei 2019

    MTs N 1 Kebumen Raih Peringkat 1 Nilai UN

    H Muhamad Siswanto MPdI/fotoimam
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- MTs Negeri 1 Kebumen kembali meraih peringkat 1 hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs se Kabupaten Kebumen untuk tahun pelajaran 2018/2019.  Ini menjadi kali kedua setelah sebelumnya pencapaian yang sama pada tahun ajaran 2017/2018.

    Tahun ini, siswa MTs Negeri 1 Kebumen memiliki jumlah nilai 353,044 dari 255 peserta didik. Adapun nilai tertinggi yang dicapai peserta didik MTs N 1 Kebumen  jumlahnya 395,5, dengan rata-rata 98.9. Sementara, kedua dan ketiga jumlahnya 393.5 dengan rata-ratanya 98.4.

    Waka Kurikulum MTs Negeri 1 Kebumen Salim Wazdy SAg MPd, Rabu (28/5/2019), menyampaikan, mereka juga menjadi peraih nilai sempurna yakni 100 terbanyak 49 peserta didik. Rinciannnya, nilai 100 untuk mata pelajaran Matematika sebanyak 45 peserta didik. Adapun nilai Bahasa Inggris 3 dan 1 mapel IPA.

    Kemudian sebanyak 244 peserta didik meraih nilai 98 atau hampir sempurna. Ini dengan rincian mapel Bahasa Indonesia 29, Bahasa Inggris 22, Matematika 144 dan IPA 49 peserta didik.

    Namun demikian, Salim masih belum bisa menyampaikan siapa saja mereka yang meraih nilai tertinggi. Karena, nama-nama siswa berprestasi tersebut baru akan diumumkan hari ini, Rabu (29/5/2019). "Aturannya memang seperti itu," kata Salim.

    Pastinya, kata Salim, prestasi ini merupakan kali ke dua. Sebelumnya pada tahun pelajaran 2017/2018 MTs Negeri 1 Kebumen juga meraih nilai tertinggi. “Ini yang kedua kalinya, yang pertama adalah tahun lalu,” imbuhnya.

    Prestasi akademik lainya, dari kelas IX meraih peringkat 1 hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) MTs tingkat Propinsi Jawa Tengah. Perolehan Rata-rata mapel Al Quran Hadits 86,82, Fikih 84,32 dan Sejarah Kebudyaan Islam 82,09, dengan 4 peserta didik meraih nilai sempurna, yakni 3 peserta didik mendapat nilai 100 pada mapel Al Quran hadits dan 1 peserta didik pada mapel Fikih.

    Prestasi non akademik lainnya juga tak kalah membanggakan. Seluruh peserta didik kelas IX yaitu 255 hafal juz ‘Amma, 170. Selain hafal juz ‘Amma juga hafal juz 1 dan 2 serta hafal  QS Yasin, Ar Rahman, Al Mulk dan Al Waqi’ah.

    Sedangkan 1  peserta didik atas nama Fikri Sangadah hafal 5 jus plus hal 4 surat tersebut. Kemudian 49 Peserta didik kelas IX juga dinyatakan lulus Madrasah Takmiliyah kelas Wusto dengan membaca Kitab Fathul Qorib, Al Mabadi Al Fiqhiyah jilid 1-3, Durus Al Lughah Al ‘Arabiyah jilid 1 & 2, , Taklim Muta’allim dan Nahwu Sharaf dasar juga Hafal Arban An Nawawi.

    Selain itu juga mampu Hafal Arban An Nawawi berpidato berbahasa Jawa, Inggris dan Arab. Spesialisasi kitab kuning ini menjadi sebagai salah satu referensi keilmuan Islam klasik,” ungkapnya.

    Kepala MTs Negeri 1 Kebumen H Muhamad Siswanto MPdI memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh para peserta didik. Dijelaskan prestasi yang dicapai merupakan keberkahan bagi keluarga besar MTs Negeri 1 Kebumen. Ini sebagai hasil belajar yang sungguh-sungguh peserta didik dan kerja telaten Bapak Ibu Guru yang istiqomah (konsisten) dalam pembimbingan.

    “Perolehan prestasi akademik merupakan upaya madrasah untuk mencapai visi MTs N 1 Kebumen yakni Religius, Cerdas dan Terampil. Visi Religious ditopang dengan mapel PAI yang dirinci dalam 4 mapel dan mapel bahasa Arab. Kemudian ditopang mapel Tahfidz sebagai mulok, kajian kitab kuning, pembiasaan shalat dhuha sudah tidak lagi butuh di perintah atau diabse, pembiasaan baca Al Quran sebelum pelajaran dan Program Islamic Boarding School,” katanya.

    Kemudian, lanjut Siswanto yakni visi Cerdas, persiapan UN secara terstruktur, sistematis dan massif dilakukan  sejak semester gasal dengan berbagai inovasi pendampingan pembelajaran, memperkuat latihan soal UN.  Selanjutnya visi Terampil, MTs Negeri 1 Kebumen disamping ditopang oleh mapel Prakarya dan Seni Budaya dan Kesenian juga punya progran Pendidikan Teknologi Dasar.

    Siswanto menambahkan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru, MTs N 1 Kebumen melalui dua model. Ini meliputi jalur prestasi dengan test tertulis dan wawancara yang prosesnya sudah dimulai 2 Mei 2019 dan berakhir 22 Mei 2019. Ini mengacu pada SK Dirjen Pendidikan Islam nKementerian Agama RI nomor 631 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru RA, MI, MTs, MA dan MAK tahun pelajaran 2019/2020. Kedua program reguler  memadukan SK Dirjend Pendis dan SE Bupati nomor 421/1429: Pedoman Peserta Didik Baru. “Kebijakan waktu pendaftaran mengikuti Surat Edaran Bupati yakni tanggal 24 – 27 Juni 2019. sedangkan lainnya mengikuti SK Dirjend Pendis, yang antara lain tidak menggunakan sistem Zonasi,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top