• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Sabtu, 25 Mei 2019

    Makanan Berformalin Kembali Ditemukan di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hati-hati saat membeli makanan dan minuman. Ini setelah ditemukannya kembali makanan mengandung zat berbahaya yang masih beredar di pasaran. Lagi-lagim masih di Pasar Induk Tumenggungan Kebumen.

    Temuan makanan tak layak konsumsi ini ditemukan saat Bupati Kebumen, H Yazid Mahfudz, melakukan pantauan, Jumat (24/5/2019). Dalam pantauan tersebut, petugas juga melakukan uji cepat produk makanan di pasar tradisional.

    Kandungan formalin yang ditemukan terdapat pada ikan teri. Produk tersebut bermerk terinasi dari Medan. Selain ikan teri kecil, formalin juga ditemukan pada ikan teri besar. Kendati demikian, pada uji cepat produk makanan lainnya petugas tidak menemukan kandungan bahan kimia berbahaya.

    Beberapa makanan yang diuji seperti pada kolang kaling, kerupuk, sayuran, bawang merah dan lain sebagainya. Semuanya dinyatakan aman untuk dikonsumsi. "Kami mengharapkan pemasok makanan di Kebumen untuk menjaga dengan baik. Ini meliputi kandungan bahan-bahan agar tidak tercemar bahan kimia berbahaya seperti formalin," kata Bupati Yazid.

    Selain bahan berbahaya, pemantauan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat juga dilaksanakan. Hingga kini Bupati H Yazid menilai harga masih stabil. Namun terdapat beberapa komoditas yang cenderung mengalami kenaikan harga. Ini seperti halnya daging ayam.

    Sebagai bentuk antisipasi lonjakan harga, Pemkab melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) akan memantau harga kebutuhan pokok masyarakat secara berkala. "Pemkab juga menyediakan pasar murah di enam desa yang harapannya dapat menjaga harga kebutuhan pokok," katanya.

    Usai pemantauan di Pasar Tumenggungan, rombongan Bupati dan beberapa pimpinan OPD bertolak ke Pasar Kutowinangun. Ini untuk melaksanakan kegiatan serupa. Sebelum pemantauan ini, melalui uji lab mini dinas terkait juga menemukan jenis makanan yang mengandung formalin. Ini juga ditemukan dalam jenis ikan teri.

    Turut mendampingi Bupati, Asisten II Nugroho Tri Waluyo, Asisten III Supriyandono, Kepala Dinkes Rini Kristiani, Kepala Distapang Tri Haryono, Kepala Bap3Da Pudjirahaju, dan beberapa pejabat lain. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top