BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Rabu, 22 Mei 2019

    "Duel" Kadus vs Kades Petahana Terjadi di Tanggulangin dan Tegalretno

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Agenda nasional Pemilihan Umum serentak serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden nyaris usai. Namun, warga Kabupaten Kebumen tak lantas sepi dari agenda demokrasi.

    Malah-malah, agenda berikutnya disebut lebih "seru" yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Suasana politik bahkan sudah mulai menghangat dalam beberapa bulan terakhir.

    Situasi politik dipastikan makin menghangat setelah  tahapan penetapan calon kades yang sudah digelar Selasa (21/5/2019). Hingga berita ini diturunkan, wartawan belum mendapatkan data berapa calon kades yang siap berlaga untuk berebut jabatan pada 25 Juni 2019 mendatang.

    Namun, sejumlah catatan menarik terjadi. Seperti yang terlihat di Desa Tanggulangin Kecamatan Klirong dan Desa Tegalretno Kecamatan Petanahan. Entah kebetulan atau bukan, Pilkades di dua desa lain kecamatan itu memiliki kemiripan.

    Yakni, sama-sama ada Kadus yang melawan petahana alias incumbent. Di Desa Tanggulangin, Kadus setempat Kasimin melawan petahana RB Supardan. Demikian juga di Tegalretno, calon  petahana Supriyanto melawan Kadus setempat, Surtijan.

    Adanya fenomena tersebut diungkap Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kebumen, Teguh Supriyatno. Bahkan, Kasimin tercatat sebagai Ketua PPDI Kebumen. "Betul, di Tanggulangin dan Tegalretno ada dua kadus melawan dua petahana," katanya kemarin (21/5/2019).

    Teguh Supriyatno yang juga menjadi Panitia Pemilihan Kades Tegalretno itu berharap, calon-calon ini nantinya bakal memberikan yang terbaik bagi desa. "Mereka sudah pernah duduk di pemerintahan seenggaknya sudah paham tentang pemerintahan di desa dan nantinya bisa membawa nama desanya menjadi lebih maju," katanya.

    Sebagai tambahan informasi, ada  348 desa di Kebumen yang bakal menggelar Pilkades tahap 1 pada 25 Juni. Catatan koran ini, sebelumnya ada 1.097 Bakal Calon (Balon) Kepala desa yang telah mendaftar.

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top