HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Rabu, 10 April 2019

    Wakili Kebumen, Desa Bejiruyung Raih Juara 1 Jawa Tengah

    fotohumaspemkabkebumen
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Desa Bejiruyung, Kecamatan Sempor,  berhasil menjadi  juara 1 lomba pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 kategori Desa

    Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Desa Bejiruyung, Sofingi, pada acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak  (HKG) PKK ke-47 Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 di Lapangan Desa Plumbon, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Selasa (9/4/2019).


    Atas prestasinya, Desa Bejiruyung berhak menerima plakat dan uang tunai senilai Rp 15 juta.  Sedangkan, juara 2 diraihi oleh Desa/Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, dengan hadiah uang senilai Rp 12 juta. Untuk juara 3 diraih oleh Desa Kedunggading, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, yang menerima hadian uang tunai senilai Rp 10 juta.



    "Amanah atau kepercayaan dari Provinsi ini adalah berkah yang diberikan oleh Allah," ujar Sofingi, usai menerima penghargaan.

    Menurut Sofingi, prestasi yang diraih tersebut merupakan berkat kerja keras seluruh masyarakat Desa Bejiruyung, yang benar-benar dilakukan tanpa pamrih.

    "Setelah ini kita tinggal membangun perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.



    Pihaknya berharap, ke depannya Pemkab Kebumen bisa membantu lebih maksimal dalam pencanangan desa gotong royong di Desa Bejiruyung pada 2020. 

    "Kami berharap semua stakeholder di Kabupaten agar mendukung. Karena kalau kemarin-kemarin masih kurang perhatian," tegasnya.



    Untuk diketahui, Desa Bejiruyung, Kecamatan Sempor berhasil masuk tiga besar lomba pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat Provinsi Jawa Tengah 2019.


    Dalam lomba yang diikuti oleh 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah tersebut, Kabupaten Kebumen dinilai unggul dan siap untuk memperebutkan predikat sebagai pelaksana terbaik tingkat Jateng.



    Desa Bejiruyung berhasil masuk nominasi tiga besar di Provinsi Jawa Tengah karena inovasi Gerakan Bejiruyung Bersedekah. Yakni program yang diinisasi oleh Kepala Desa dan digerakkan oleh para pemuda yang tergabung dalam karang taruna setempat.


    Dukungan dan partisipasi masyarakat menjadi amunisi yang sangat menguatkan para penggerak yang disebut dengan “kurir langit”. Para pemuda yang masih duduk di bangku sekolah dengan suka rela mengorbankan sebagian waktunya untuk menjemput sedekah setiap Jumat dari para dermawan di desa setempat.



    Sedangkan, hasilnya dimanfaatkan untuk amal bagi seluruh warga Desa Bejiruyung juga desa lain yang membutuhkan. Pemanfaatan sedekah tersebut diwujudkan dalam bentuk pelayanan ambulan desa gratis  yang dilaksanakan setiap waktu.

    Selain itu juga diberikan santunan orang sakit, santunan orang meninggal, dan beasiswa bagi anak yatim tanpa memandang suku, agama, ataupun ras/golongan.(*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top