• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Rabu, 24 April 2019

    TP PKK Kecamatan Buayan Juara Kadarkum

    ISTIMEWA
    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Buayan berhasil meraih Juara 1 dalam lomba Kadarkum tingkat Kabupaten Kebumen tahun 2019. Final lomba dilaksanaan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (23/4/2019).

    TP PKK  Kecamatan Buayan berhasil meraih nilai 1.230 poin. Sedangan runner up yakni TP PKK Kecamatan Ambal mendapat nilai sebesar 530 poin. Menduduki peringkat tiga yakni TP PKK Kecamatan Gombong dengan nilai 440 poin. Untuk Harapan I diraih TP PKK Kecamatan Padureso nilai 375 poin. Harapan II TP PKK Kecamatan Petanahan dengan nilai 280. Sedangkan Harapan III yakni TP PKK Kecamatan Klirong nilai 230 poin.

    Final lomba dibuka oleh Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz diwakili Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH. Para Juri yang berasal dari Polres, Tim Penggerak PKK, BPPKB, Dinas Pendidikan serta Bagian Hukum Sekretariat Kabupaten Kebumen.

    Para peserta pun mendapat lontaran sejumlah pertanyaan dengan beragam materi. Ini meliputi perdagangan manusia (trafficking), Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, Undang-Undang Narkotika, Peraturan Daerah tentang Pengendalian Penduduk dan Penyelenggaraan Keluarga Berencana. Selain itu Undang-undang Lalu Lintas, Perda Perlindungan Anak, Perda Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit.Kompilasi Hukum Islam dan Kewenangan Pengadilan Agama serta Undang-Undang PKDRT juga turut menjadi pertanyaan untuk para peserta.

    Lomba dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Ini seperti lontaran pertanyaan antar regu, bonus dan pertanyaan rebutan. Masing-masing regu “cerdas cermat“ beranggotakan lima orang dan satu pendamping. Bukan hanya soal pengusaan materi, dilombakan juga yel-yel dari tiap-tiap kelompok.

    Dalam sambutannya Bupati melalui Sekda Ujang berpesan kepada para peserta agar menang dan kalah tidak dijadikan sebagai motivasi utama lomba. Event tersebut jadikanlah sebagai ajang untuk saling menukar informasi dan berbagi pengalaman. “Sehingga ini akan sangat bermanfaat serta dapat ”digetoktularkan” kepada kelompok-kelompok kadarkum yang lainnya. Muaranya, akan tercipta budaya hukum di masyarakat dalam bentuk tertib dan taat atau patuh terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, demi tegaknya supremasi hukum,” tuturnya.

    Ketua TP-PKK Kabupaten Hj Zuhro Yazid Mahfudz menyerahkan secara langsung hadiah kepada juara pertama. Ini berupa piala, piagam dan uang pembinaan. Juara Pertama juga berhak mewakili Kabupaten Kebumen untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat propinsi.

    Sementara itu salah satu anggota dari TP PKK Buayan Septi Wijayanti mengaku senang atas keberhasilan tersebut. Hasil memang tidak akan menghianati proses. TP PKK Buayan selalu disiplin dan rutin berlatih. Ini dilaksanakan dua kali dalam seminggu. “Sangat senang. Kami rutin berlatih. Menang kalah bukan soal hadiah, melainkan kepuasan batin,” ucapnya. (mam) 

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top