BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Selasa, 23 April 2019

    Raup Rejeki Lewat Jualan Koran Bekas di Makam Mbah Lanang

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sudah dalam beberapa hari terakhir, makam Lemah Lanang di Desa Candimulyo, Kecamatan Kebumen banjir peziarah. Banyaknya peziarah ini, ternyata membawa berkah bagi warga setempat. Termasuk, bagi anak-anak yang memilih menjual koran bekas sebagai alas saat berdoa di makam.

    Dari pengamatan Ekspres, Minggu (21/4/2019), anak - anak itu berusia antara 7 hingga 10 tahun. Mereka berjualan saat setelah pulang sekolah dan hari Minggu. Masing-masing, menawarkan jasa alas koran dengan harga Rp 1000. Dalam sehari mereka mendapat keuntungan sekitar Rp 50 hingga Rp 100 ribu. Jumlah itu terbilang lumayan, mengingat  harga koran baru Rp 2000 hingga Rp 5000 per eksemplar.

    Mohamad Zaeni (9) salah satu anak mengatakan, koran bekas itu mereka beli dari warga. Untuk setiap kilogramnya, mereka membeli seharga Rp 10 ribu. "Belinya sekilo Rp 10 ribu," katanya bersama rekannya Abdul Akbar (11).

    Dari penghasilan yang didapat mereka mengaku digunakan untuk menabung. Sebagian lain, mereka sisakan sebagai uang saku dan diberikan kepada orang tua dan membayar sekolah.  "Iya kadang untuk jajan, bayar sekolah dikasihkan orang ibu," kata Dinta Hafisa (10).

    Mereka pun terlihat antusias menawarkan koran. Dari pagi hingga siang hari mereka menawarkan koran kepada setiap peziarah yang turun dari kendaraan menuju area makam. "Ini setahun sekali, saat mau puasa," kata Salanaf (12) anak lainnya. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top