HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Sabtu, 06 April 2019

    Petani Udang di Kebumen kini Beralih ke Listrik PLN

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Para petambak udang di Kebumen kini mulai beralih ke listrik PLN dari sebelumnya menggunakan mesin diesel berbahan solar. Penggunaan listrik PLN ini, meringankan beban operasional sehingga lebih menguntungkan.

    Marwan, warga Desa Wiromartan Kecamatan Mirit, menjadi salah satu petani tambak yang sudah beralih ke listrik PLN.

    Ditemui di lokasi tambak udang miliknya yang berada di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Jumat (5/4/2019), Marwan hari itu resmi beralih menggunakan listrik PLN.

    Ada empat kolam tambak udangnya yang kini menggunakan sumber listrik PLN. "Awalnya kami pakai diesel berbahan solar. Selama ini kurang efisien dan efektif karena harus beli solar sebagai bahan bakar. Dengan listrik PLN, biaya operasional kami bisa ditekan," katanya.

    Jaringan listrik sendiri sudah terpasang dari Desa Lembupurwo hingga Desa Wiromartan Kecamatan Mirit.


    Manajer PLN UP3 Cilacap, Ahmad Mustaqir, ditemui di lokasi mengatakan, pihaknya saat ini menggelar program "One Day One Service" bagi para petambak udang.  Dengan program ini, PLN berharap, para petani tambak udang dapat lebih merasakan manfaat dari usaha budi daya mereka. Muaranya, perekonomian petani tambak udang meningkat.

    "Ini juga sebagai bukti konkret PT PLN Persero UP3 Cilacap dalam rangka meningkatkan keandalan jaringan sekaligus pelayanan listrik kepada masyarakat," katanya. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top