BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Selasa, 02 April 2019

    Pemkab Kebumen Klarifikasi Kalender Prabowo Berlogo Pemkab

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Beberapa waktu lalu, kalender bergambar Pasangan Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo-Sandi sempat membuat geger. Pasalnya dalam kalender tersebut menyamtumkan Logo Kabupaten Kebumen. Usut punya usut ternyata logo yang dipasang pada kalender hanya mirip saja. Tetapi bukan logo Kebumen yang sesungguhnya.

    Dilihat sekilas memang tampak sama. Diamati dengan seksama nyata bedanya.  Ini terungkap saat Sekda Kebumen  H Ahmad Ujang Sugiyono SH melaksanakan klarifikasi kepada Bawaslu. Pertemuan tertutup itu dilaksanakan di ruang Gakumdu Bawaslu Kebumen. Pertemuan dilaksanakan sekitar satu jam antara Ketua Bawaslu dan Sekda, Senin (1/4/2019).

    Usai pertemuan Sekda Kebumen  H Ahmad Ujang Sugiyono SH menyampaikan, pihaknya tidak mengetahui secara langsung adanya kalender tersebut. Tahunya justru di Bawaslu Kebumen. Kendati demikian sebelumnya telah mendengar informasi terkait kalender. “Meski sebelumnya telah mendapat informasi, tapi tahunya justru di Bawaslu,” tuturnya.

    Klarifikasi dilakukan untuk menegaskan, bukan Pemda Kebumen yang mencetak kalender tersebut. Pemda Kebumen juga tidak mengetahui siapa yang mencetaknya. Selain itu tidak ada pihak yang meminta ijin kepada Pemda Kebumen untuk menggunakan Logo Kabupaten pada kalender. “Bukan pemkab yang mencetak. Tidak ada pula pihak yang meminta ijin kepada pemkab,” jelasnya.

    Terkait logo, Ujang menegaskan hal itu hanya mirip saja dengan Logo Kabupaten Kebumen. Namun setelah diteliti ternyata beda. Dari bentuk dan gambar memang sangat mirip dan hampir sama. Dilihat seksama dan cermati tampak bedahnya. “Logo tersebut berbeda. Beberapa diantaranya berbeda dengan Logo Kebumen,” ungkapnya.

    Dijelaskan Ujang, pada Logo Kebumen terdapat tulisan “Bhumi Titra Prajamukti”. Sedangkan logo yang ada pada kalender tidak. Selain itu warga kapas pada Logo Kebumen Hijau. Sedangkan pada kalender Merah. Warna batu bata Logo Kebumen Merah. Sedangkan pada kalender Merah dengan dasar Kuning. “Selain itu perbedaan antara Logo Kebumen dan yang terdapat di kalender juga terjadi pada gambar goa, laut dan rantai,” paparnya.

    Ketua Bawaslu Kebumen Arif Supriyanto SSos menyampaikan klarifikasi dilaksanakan guna mengetahui apakah yang terpasang pada kalender merupakan Logo Kebumen. Namun diketahui itu hanya mirip saja. Selain itu kaleder tersebut juga tidak memenuhi unsur pelanggaran pemilu. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top