• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Sabtu, 27 April 2019

    Pasar Koplak Kebumen Bakal Direhab

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pasar Burung atau biasa dikenal dengan Pasar Koplak, bakal direvitalisasi alias direhab. Dalam proses itu, para pedagang akan dipindah sementara sembari menunggu proses revitalisasi selesai dilakukan.

    Adanya revitalisasi Pasar Koplak disampaikan Kepala UPTD Pasar II Bambang Cahyono. Ditemui kemarin, Bambang mengatakan, rehab pasar Koplak akan dimulai pada tanggal 16 Mei 2019 dan dijadwalkan berlangsung selama 150 hari ke depan.

    Terkait hal itu, para pedagang yang mangkal di Pasar Koplak akan direlokasi sementara. Pertanggal 10 Mei 2019, pasar koplak sudah harus bersih dari aktivitas pedagang. "Sudah kita umumkan kepada pedagang untuk pindah sementara ke Stanplat colt," katanya, Jumat (26/4/2019).

    Bambang Cahyono, rehab Pasar Koplak lebih bersifat mempercantik. Konsep pasar tetap akan seperti semula alias tidak ada perubahan. Namun, kios yang saat ini terlihat tua dan beberapa sudut yang terlihat kumuh akan dipercantik. "Bagian yang terlihat kumuh akan dibangun permanen," imbuh Bambang.

    Agar lebih terlihat rapi, bagian depan pasar Koplak  akan diubah. Yakni pada lokasi penjualan burung yang akan dimundurkan. Nantinya, ruang yang tercipta akan dibuat untuk parkir kendaraan dan taman. Jadi, nantinya parkir kendaraan tidak lagi berada di badan jalan Kusuma seperti saat ini.  "Modelnya tetap sama namun, nanti bagian depan akan lebih luas untuk parkir," tambahnya.

    Bagi sebagian besar masyarakat Kabupaten Kebumen, Pasar Koplak merupakan tempat yang sangat familiar. Pasar yang dulunya pangkalan andong Dokar ini sejak tahun 1980an dijuluki sebagai Koplak Dokar. Dari situlah, nama Pasar Koplak berasal. Di pasar ini, warga masyarakat bisa mencari barang kebutuhan. Beraneka ragam disajikan di dalam pasar ini mulai menjual dan membeli barang bekas, jual beli burung merpati hingga tempat pangkas rambut serta kebutuhan lain termasuk makanan. (fur/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top