BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Sabtu, 13 April 2019

    Lukis Kaligrafi, Cara Santri di Kebumen Dukung Jokowi-Amin

    Saefur /Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Cara berbeda dilakukan simpatisan pendukung Calon Presiden (Capres) 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Dukungan itu dilakukan dengan membuat lukisan kaligrafi yang syarat makna didalamnya. Lukisan kaligrafi menggunakan media kanvas dan cat lukis tersebut, dibuat oleh Fahmi Zulfa (21) dan Muhamad Hasanudin (21). Keduanya merupakan santri Pondok Pesantren Al-Hasani, Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Kebumen.

    Muhamad Hasanudin mengatakan, karya lukis kaligrafi ini merupakan karya tangannya yang sengaja dibuat sebagai bentuk dukungan dari santri. "Kita tidak bisa berbuat banyak untuk membantu sekaligus mendukung pasangan Jokowi-Amin yang telah didukung oleh para Masyayikh. Kita hanya bisa mendoakannya. Namun rasanya berdoa saja tidak cukup. Akhirnya kita berdua membuat dua lukisan ini sebagai simbol doa kita untuk kemenangan mereka," katanya, Jumat (12/4/2019).

    Hasanudin menjelaskan, karya lukisannya itu bertuliskan "Joko Widodo, KH Ma'ruf Amin iku pilihane santri" (Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin itu pilihannya santri.red). Dalam lukisan abstrak itu juga terdapat huruf hijaiyah berupa huruf Alif, bendera merah putih, dan sebuah singgasana kursi.

    "Jokowi-Amin merupakan pasangan Capres yang didukung oleh para santri. Huruf Alif yang tegak lurus melambangkan watak kepemimpinan Jokowi-Amin. Sedangkan bendera merah putih bermakna kokohnya NKRI, dan kursi tersebut merupakan simbol kursi presiden dan wakil presiden yang Insya Allah akan diduduki oleh keduanya," ungkapnya.

    Pelukis Fahmi Zulfa mengatakan, ia melukis Jokowi- Amin dengan huruf pegon, yakni kata atau bahasa Indonesia yang ditulis dengan huruf arab. Selain tulisan Jokowi-Amin, dalam lukisan itu terdapat angka 01 yang ditulis dengan menggunakan simbol rembulan menyerupai angka nol dan huruf hijaiyah yang pertama, yakni huruf Alif.

    Wibawa dan kharisma dari Kyai Ma'ruf, lanjut Fahmi, ibarat bulan purnama yang sinarnya terang benderang yang menyinari apa saja di muka bumi ini. Serta melambangkan semangat Islam Rahmatan Lil'alamin yang dibawa oleh kyai Ma'ruf.

    "Sementara huruf alif itu bermakna tegak lurus sebagaimana sifat kepemimpinan yang ada pada diri Jokowi-Amin. Huruf Alif melambangkan doa kita dari para santri. Sedangkan gambar bulan purnama yang juga mewakili angka nol itu menggambarkan sosok kharismatik dari kyai Ma'ruf Amin," jelasnya.

    Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hasani, Gus Fachrudin Ahmad Nawawi mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi apa yang telah diinisiasi oleh kedua santri tersebut. Kedua lukisan kaligrafi itu merupakan wujud kreatifitas sekaligus doa sebagai wujud dukungan dari para santri untuk kemenangan Jokowi-Amin pada Pilpres yang hanya menghitung hari.

    "Lukisan ini kita persembahkan khusus untuk Jokowi-Amin. Lukisan ini akan kita serahkan kepada Tim Kampanya Daerah (TKD) Kebumen yang kemudian akan diserahkan kepada Tim Kampanye Nasional (TKN). Kalau bisa nanti akan diterima langsung oleh bapak Jokowi dan kyai Ma'ruf," katanya.

    Gus Fachrudin berharap, lukisan tersebut dapat menjadi suport tersendiri untuk pemenangan Jokowi-Amin. Lukisan kaligrafi itu merupakan simbol bahwa doa dan dukungan dari para santri akan mengantarkan Jokowi-Amin menuju kursi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. "Ini merupakan simbol bahwa santri dan kyai selalu menyertai Jokowi-Amin," ungkapnya. (*/fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top