BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Senin, 08 April 2019

    Komunitas Muslimah Qurrota A’yun Gelar Sekolah Pra Nikah

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pernikahan bukan pilihan tapi persiapan. Pasalnya umumnya seseorang akan melangsungkan pernikahan dalam hidupnya.  Inilah yang menjadi salah satu alasan bagi Komunitas Muslimah Qurrota A’yun Kebumen menggelar sekolah pra nikah.

    Sekolah pra nikah dilaksanakan dengan lima kali pertemuan. Dua pekan sekali peserta mendapatkan materi. Beberapa diantaranya mengenai pernikahan bervisi Sakinah, Mawadah Warahmah (Samara). Fiqih Munakahat (pernikahan), Keseharan Reproduksi, Adap Suami Istri (Hak dan Kewajiban) dan Manajemen Keuangan Keluarga. Selain itu materi Psikologis Suami Istri, Prosuktifitas Pasca Menikah, Parenthing dan Bekal untuk Calon Pengantin.

    Hingga akhirnya 80 peserta didik pranikah diwisuda di Gedung DPRD Kebumen, Minggu (7/4/2019)

    Ketua Komunitas Muslimah Qurrota A’yun Kebumen Hera Oktafiani SPd menyampaikan mempersiapkan berumah tangga menjadi hal yang sangat penting. Menikah dan berkeluarga memang harus dipersiapkan dengan matang. “ini juga untuk mengurangi tingginya angka perceraian di Kebumen,” tuturnya.

    Sekolah pra nikah ini baru angkatan pertama. Ini merupakan program pasca seminar yang dilaksanakan sebelumnya. Setelah sekolah pra nikah akan dilaksanakan pula program Sekolah untuk Calon Istri dan Calon Ibu (SUCI). “Setelah lulus para peserta diharapkan mampu mengamalkan ilmunya untuk membentuk keluarga yang sakinah mawadah warahmah. Generasi yang baik biasanya lahir dari keluarga yang harmonis,” katanya.

    Hera juga menegaskan pentingnya landasan agama dalam berumah tangga. Cobaan dan godaan merupakan sebuah diamika. Namun jika dilandasi dengan basic agama yang kuat, apapun pasti dapat diatasi. Sebuah keharmonisan keluarga juga akan tercipta. “Agama menjadi hal yang sangat penting dan menjadi landasan dalam berkeluarga,” ungkapnya.

    Hera juga menyampaikan terkait program-program Komunitas Muslimah Qurrota A’yun Kebumen. Ini meliputi Creative Writing Class, Buka bersama anak yatim dan dhuafa, SPN Batch dan Workshop Publik Speaking. Selain itu Special Ramadhan “Closer to Al Quran”, Sekolah Calin Istri dan Ibu, Rumah Literasi dan lain sebagainya.

    “Untuk Sekolah Calon Istri dan Ibu  materinya meliputi kehamilan sehat dan seluk beluk ASI, Fiqih taharah, manajemen waktu, enterpreuner for mon dan lain sebagainya,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top